Lensa Kontak untuk Cegah Kebutaan

VIVAnews - Lensa kontak yang mengandung vitamin E ini diharapkan dapat membantu menyelamatkan penglihatan jutaan orang. Terutama, gangguan penglihatan yang disebabkan glaukoma. Penyakit mata ini merupakan penyebab utama terjadinya kehilangan penglihatan atau kebutaan.

Kini, meski penderita glukoma tidak bisa memperbaiki kerusakan mata, tapi bisa mencegah terjadinya kebutaan. Rahasianya adalah dengan menggunakan lensa khusus yang mengandung vitamin E.

Seorang peneliti dari American Chemical Society menyatakan, lensa baru ini perlahan-lahan mampu mengurangi obat-obatan yang perlu dikonsumi penderita glaukoma. Cara ini juga bisa menjadi alternatif perawatan mata. Kelebihan dari lensa ini adalah mengandung obat yang memiliki kandungan vitamin E.

Vitamin yang biasanya dikaitkan untuk perawatan kulit dan anti-penuaan ini, menurut Peneliti Dr. Anuj Chauhan dari University of Florida, memiliki cara kerja membentuk jala di dalam lensa, yang memperlambat pelepasan obat dan bisa bertahan lama berada di dalam mata.

Lensa yang terus diuji untuk mencapai efek sempurna ini rencananya bisa digunakan selama satu bulan, dan dapat digunakan berbarengan dengan obat lain bagi penderita katarak dan penyakit mata lainnya.

Barbara McLaughlan, dari Royal National Institute of Blind People (RNIB), berkata, "Konsep lensa kontak yang membuat zat nutrisi, seperti vitamin E dekat dengan mata, meningkatkan obat untuk mengobati glaukoma, tampaknya masuk akal."

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024