Stres dan Bahan Plastik Picu Kemandulan Pria

VIVAnews - Kombinasi stres dan bahan kimia plastik merusak kesehatan reproduksi anak laki-laki sejak dalam kandungan. Setelah lahir dan dewasa, peluang menjadi orang tua menjadi lebih sulit. 

Studi baru-baru ini seperti dikutip VIVAnews dari Heraldsun menyimpulkan bahwa stres dan pembengkokan gender akibat kontaminasi bahan kimia plastik meningkatkan risiko cacat reproduksi. Masalah reproduksi termasuk testis tak turun dialami tujuh persen anak laki-laki. Gangguan testikel menyebabkan kemandulan.

Peneliti Mandy Drake dari Universitas Edinburgh mengatakan kendati penelitian baru dilakukan pada binatang, hasilnya membuktikan mengapa tren kemandulan meningkat.

Dr. Drake melihat kondisi di dalam rahim tikus mempengaruhi perkembangan janin berjenis kelamin jantan. Beberapa tikus hamil diberi ftalat, bahan kimia yang ditemukan dalam perlengkapan rumah tangga termasuk tirai mandi, lantai vinyl, plastik kemasan, mainan hingga kartu kredit.
 
Di samping faktor bahan kimia, stres yang menjadi bagian kehidupan sehari-hari meningkatkan risiko gangguan reproduksi pria. Saat hormon stres disuntikkan ke tubuh induk pada awal kehamilan, gangguan pada produksi testosteron tikus jantan yang lahir makin besar.

Paduan keduanya mengakibatkan organ seks tikus pejantan tidak berkembang dengan baik. Kondisi ini bakal mempengaruhi tingkat kesuburan di kemudian hari. "Penelitian membuktikan penyebab kemandulan pada pria bukan sekadar satu faktor, tetapi kombinasi dari keduanya, gaya hidup dan faktor lingkungan."

Studi ilmuwan Brasil dipresentasikan dalam American Society for Reproductive Medicine lainnya menemukan, manusia dengan obesitas harus berdiet agar mampu bereproduksi dengan baik. Karena, tubuh gemuk menyebabkan perubahan fragmen DNA dalam sperma yang memicu naiknya risiko infertilitas.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024