Bedah Plastik di Luar Negeri Lebih Diminati?

VIVAnews - Bedah plastik saat ini makin banyak dilakukan, dan bagi sebagian orang menjadi sebuah kebutuhan. Bukan hanya karena untuk memperbaiki penampilan tetapi juga karena alasan kesehatan dan psikologis. Berbagai klinik dan rumah sakit pun saat ini juga terdapat perawatan bedah plastik.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Sayangnya, cukup banyak orang Indonesia yang melakukan 'permak' wajah atau tubuh justru menjalani prosedur ini di luar negeri. Padahal, menurut dokter Teddy O.H. Prasetyono, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (PERAPI), biaya operasi plastik di Indonesia lebih terjangkau, dan kualitas dokter-dokternya pun tak kalah bagus dari dokter di luar negeri.

Lantas, mengapa banyak orang Indonesia lebih memilih bedah plastik di luar negeri dibandingkan di negeri sendiri?

Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil

dr. Teddy menjelaskan, informasi seputar bedah plastik di Indonesia belum seterbuka di luar negeri. Menurutnya, melakukan edukasi tentang bedah plastik yang aman pada masyarakat secara terbuka, agak sulit karena dianggap tidak etis. Padahal masyarakat membutuhkan informasi yang tepat dan benar tentang bedah plastik yang aman.

"Di Indonesia dokter bedah plastik tidak bisa bebas memberikan edukasi dan informasi tentang bedah plastik. Tidak seperti dokter-dokter yang ada luar negeri. Padahal masyarakat awam perlu diberikan edukasi mengenai bedah plastik yang aman. Mereka juga tidak bisa membedakan mana dokter yang memang memiliki latar belakang keahlian bedah plastik dan mana yang tidak," kata dr. Teddy, saat dihubungi melalui telepon.

Padahal, untuk biaya, bedah plastik di Indonesia termasuk lebih terjangkau dibandingkan di luar negeri, seperti Singapura atau Amerika. Dokter bedah plastik Indonesia juga sangat berkualitas dan memiliki kompetensi yang sama dengan dokter luar negeri.

Biaya yang dibutuhkan untuk bedah plastik di Indonesia mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari tindakan yang diberikan. Pemilihan tempat bedah plastik, juga menjadi hal yang berpengaruh pada biaya. Di rumah sakit pemerintah biaya yang dikeluarkan biasanya lebih terjangkau dari rumah sakit swasta.

4 Kejanggalan Pembangunan Masjid yang Diinisiasi Daud Kim, Ternyata Tanahnya Belum Hak Milik ?
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024