Usir Fobia ke Dokter Gigi dalam Waktu 5 Menit

VIVAnews -  Banyak orang enggan berkunjung ke dokter gigi karena alasan takut. Padahal mengunjungi dokter gigi, idealnya harus dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Tapi, kini Anda bisa menghalau rasa takut itu, dengan menggunakan metode akupunktur. Jadi, tak ada alasan lagi tidak periksakan gigi secara teratur.

Temuan yang dimuat dalam jurnal 'Akupunktur dalam Kedokteran' ini menawarkan kenyamanan bagi orang-orang yang fobia ke dokter gigi.

Hanya butuh waktu lima menit saja untuk menghilangkan rasa takut ini. Cara pengobatannya adalah dengan menempatkan jarum di dua titik akupunktur tertentu di atas kepala. Hasilnya, dalam waktu lima menit cara ini mampu menaklukkan ketakutan para pasien.

Penelitian yang dilakukan oleh delapan dokter gigi di Inggris ini menyatakan, temuan ini sangat membantu untuk mengatasi masalah ketakutan dan ketegangan pasien sebelum berkunjung ke dokter gigi.

Dr. Rosted Palle, yang memimpin penelitian ini mengatakan, "Meskipun hasilnya baru dirasakan sejumlah kecil pasien, tapi di masa mendatang semua pasien bisa merasakan manfaatnya,” kata Rosted seperti dikutip dari laman bbcnews.com.

Rata-rata mereka yang mengalami fobia ini berada di usia 40-an dan telah menderita fobia ke dokter gigi selama 20-30 tahun. Banyak cara yang sudah ditempuh untuk mengatasi ketakutan ini, mulai dari cara hipnosis dan teknik relaksasi. Namun, semua cara itu gagal karena dinilai tidak efektif.

Sementara pengobatan rasa takut dengan teknik akupunktur yang dilakukan hanya dalam waktu lima menit saja, terbukti efektif mengusir rasa takut pasien. Tekniknya, sebelum rutin melakukan pemeriksaan rutin kesehatan gigi, para pasien harus harus menjalani akupunktur. Cara ini, menurut Rosted cukup ampuh membantu menciptakan relaksasi.

Dari uji coba yang dilakukan pada 20 pasien, mereka diminta untuk menilai apa yang dirasakan sebelum dan setelah menjalani perawatan akupunktur. Perhitungan ini menggunakan skala dengan alat yang dikenal dengan nama Beck Anxiety Inventory (BAI). Hasilnya, semua pasien merasa tenang dan relaks setelah menjalani akunpunktur.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Profesor Damien Walmsley dari British Dental Association mengatakan, selain murah, cepat dan sederhana teknik akupunktur ini bisa dipelajari para dokter gigi untuk mengatasi masalah ketakutan pasien.

Saat ini, para peneliti merencanakan uji coba terkontrol secara acak dengan lebih banyak pasien untuk menguji terapi akupunktur lebih lanjut.

Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024