VIVALIFE

Haid Tak Teratur Gejala Kanker Rahim?

Lama haid sekitar 14 hari setiap bulan. Mungkinkah ini gejala kanker rahim?
Sabtu, 3 April 2010
Oleh : Petti Lubis
Nyeri Haid

Tanya:
Sejak pertama kali haid, saya (25) mengalami siklus haid tidak teratur. Setiap bulan saya mengalami haid sampai kira-kira 14 hari lamanya. Saya sudah memeriksakan diri ke dokter kandungan, dari sana diketahui bahwa penyebabnya adalah gangguan hormonal. Meski dokter sudah memberikan obat-obatan, tapi kondisi ini berulang lagi beberapa bulan kemudian. Mungkinkah panjangnya masa haid ini adalah gejala kanker rahim?

sxxx@gmail.com

Jawab:
Gangguan haid umumnya disebabkan oleh kelainan organik, gangguan keseimbangan hormonal atau disfungsi rahim tanpa penyebab yang jelas. Jadi, haid Anda yang tidak teratur sejak awal memang besar kemungkinannya disebabkan  masalah hormonal. Tapi, untuk memastikannya Anda perlu menjalani tes darah, sehingga pengobatan dapat dilakukan lebih terarah.

Apa yang Anda alami belum tentu merupakan gejala kanker rahim, karena sampai saat ini penyebab kanker belum diketahui dengan pasti. Memang, hasil beberapa penelitian menunjukkan, kanker banyak terjadi pada wanita berusia di atas 50 dengan riwayat haid dan ovulasi (pelepasan sel telur) tidak teratur. Karena itu, keluhan awal pernderita kanker rahim biasanya pendarahan pada masa menopause.

Selain itu, banyak penderita kanker rahim yang juga menderita kegemukan (obesitas), hipertensi, dan diabetes. Oleh karena itu, banyak peneliti yakin bahwa penyakit ini berkaitan dengan beberapa unsur genetis dan gangguan metabolisme.

Namun, pada wanita yang belum mengalami menopause, perdarahan di luar masa haid dan perdarahan haid berlebihan pun, perlu diwaspadai dan diperiksa secara seksama. Karena itu, jika masih khawatir mengenai hal ini, ada baiknya Anda melakukan tes pap smear. Pemeriksaan jenis ini efektif mendeteksi adanya sel-sel kanker atau tidak.

Konsultan: dr. Aryo Wicaksana, SpOG

TERKAIT
TERPOPULER