Solusi Atasi Tekanan Darah Tinggi

Jantung
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Meditasi biasanya dilakukan untuk terapi relaksasi. Namun, tak hanya itu, meditasi kinisudah dianggap bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan atau penyakit. Salah satunya, tekanan darah tinggi.

Dua studi yang dilakukan Charles Drew University di Los Angeles dan University of Hawaii, AS, menemukan. meditasi transendental bekerja lebih baik mengatasi problem tekanan darah tinggi dibandingkan diet dan olahraga. Meditasi Transendental adalah bentuk dari meditasi mantra yang diperkenalkan pertama kali di India pada 1955 oleh Maharishi Mahesh Yogi.

Meditasi ini terdiri atas tujuh tahapan latihan yang terstandarisasi dan di bawah pengawasan pengajar bersertifikat. Salah satu tekniknya termasuk penggunaan suara atau mantra.

Studi ini meneliti 100 orang berusia 55 tahun ke atas, dan memiliki risiko mengidap penyakit kardiovaskuler. Hasilnya, Hasilnya, risiko terkena serangan jantung, dan stroke menurun hingga 47 persen.

Menurut pakar pengobatan alami dr. Robert Schneider, selain tekanan darah tinggi, meditasi ini juga bisa mengatasi depresi. "Secara klinis terjadi penurunan yang signifikan pada penderita depresi tanpa obat atau psikoterapi," kata dr. Schneider. Mereka yang mempraktekkan meditasi ini menunjukkan 48 persen pengurangan gejala depresi.

Agar mendapatkan hasil maksimal, bagi Anda yang ingin mengatasi tekanan darah tinggi dan depresi, dianjurkan menjalani meditasi ini selama 20 menit dua kali sehari. Lakukan dengan mata tertutup. Temuan ini pun telah dimuat dalam jurnal 'Society of Behavioral Medicine' di Seattle.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Pelatih Shin Tae-yong membeberkan kondisi pemain Indonesia U-23 saat ini. Dia mengatakan anak asuhnya sangat down, usai kalah dari Qatar U-23 di Grup A Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024