« Kembali
Mari Meracik Masker Buah & Sayur
Memiliki wajah cantik alami tak perlu menghamburkan banyak uang ke salon.
Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila
Jum'at, 9 April 2010, 12:19 WIB
masker buah (inmagine)
masker buah (inmagine)

VIVAnews - Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah-buahan dan sayuran juga memiliki nilai lebih untuk merawat kecantikan tubuh. Buah dan sayur menjadi ramuan alami untuk perawatan kecantikan.

Tak hanya tanpa bahan pengawet, ramuan buah dan sayur juga membantu penghematan belanja kosmetik. Berikut beberapa contoh ramuan alami buah dan sayur yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Pembersih lemon
Bahan
- 1/8 cangkir almond bubuk
- 2 sdm susu atau krim
- 1 sdt jus lemon

Campurkan semua bahan dan balurkan ke kulit. Diamkan sebentar dan bilas dengan air hangat. Ramuan ini cocok untuk semua jenis kulit

Menurut Sue Dolan, M.Ed., penulis 'Naturally Skinsational: Rejuvenating Skin Care Recipes', jeruk adalah sumber alami asam alfa hidroksi (AHA) dan antioksidan. "Sumber AHA alami seperti lemon membersihkan kulit dan menyegarkan sekaligus melembutkannya."

2. Masker jeruk
Bahan
- 1 kuning telur
- 1 sdt madu
- 1/8 cangkir perasan jeruk lemon, jeruk atau jeruk nipis
- 1 bungkus agar-agar polos

Campur semua bahan dan balurkan ke kulit selama 20 sampai 25 menit lalu bersihkan.

Masker jeruk yang kaya AHA dan vitamin C, terbukti secara klinis mencegah keriput dan garis-garis halus. Campuran masker jeruk akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel-sel baru.

3. Lulur alpukat
Bahan
- 2 alpukat, haluskan hingga berbentuk pasta
- 3 sendok makan garam laut atau garam kosher
- 1/4 cangkir madu
- 2 kulit lemon segar diparut dan ambil airnya
- 1/4 cangkir minyak kelapa organik

Campurkan semua bahan sampai halus dan merata. Balurkan pada kulit selama 10-15 menit dan gosok dengan air hangat. Sisa lulur tubuh masih bisa disimpan dalam lemari es selama dua sampai tiga hari.

Lulur alpukat merupakan bahan manjur antipenuaan. Alpukat kaya akan vitamin A, D dan E, protein, lesitin, kalium dan beta-karoten, serta bahan lain pelawan kanker.

Dolan mengatakan, alpukat juga memiliki kandungan emolien dan sterolin yang berfungsi menyembuhkan kulit rusak akibat sinar matahari, jaringan parut serta mengurangi bintik usia.

4. Masker stroberi
Bahan
- 1/2 cangkir stroberi segar
- Susu segar 1 sendok makan
- 1 sdm tepung beras atau tepung jagung

Giling semua bahan hingga menjadi pasta halus. Aplikasikan masker pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit hingga kering. Gunakan dua kali seminggu.

Masker stroberi mengandung antioksidan alami, yang dikenal memperbaiki kulit dan bertindak sebagai agen anti-penuaan serta melindungi kulit Anda dari tekanan lingkungan. Asam salisilat dalam stroberi menghilangkan sel-sel kulit mati, menjadikan kulit halus dan cerah.

5. Scrub apricot dan pepaya
Bahan
- 1 sdt bubuk apricot kernel (parut halus)
- 3 sdm aprikot pulp
- 3 sdm bubur pepaya matang

Campur semua bahan dan balurkan ke muka dan leher selama 20 menit. Kemudian gosok dengan lembut dan bilas hingga bersih. Leon Rao, pakar perawatan kulit dan penulis 'Anti-aging Beauty Secrets,' menyarankan, bubuk aprikot dapat diganti dengan bubuk oatmeal atau bubuk almond.

Manfaat scrub aprikot yang tinggi beta-karoten mengurangi masalah kulit. Aprikot juga mengelupas kulit dengan lembut serta menjadikan kulit lebih cerah.

6. Masker wortel
Bahan
- 2-3 wortel besar
- 4 1 / 2 sdm madu

Masak wortel, lalu lumatkan hingga halus dan campurkan dengan madu. Aplikasikan masker wortel pada wajah selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Tanaman akar-akaran asal Afganistan ini mengandung vitamin A, C, folacin dan potasium yang  melembabkan dan memperbaiki jaringan kulit sekaligus melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengencangkan kulit.

• VIVAlife   |   Share :  
  • cahyani
    11/01/2011
       Laporkan
    apa smwa niee takk ada efek smping'yy ?? efek agar kulitt putih dah muluss itu smppai brapa minguu ataw bulan ?? | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id