Memaafkan Pasangan Berselingkuh

Pasangan bertengkar.
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Memaafkan pasangan yang melakukan perselingkuhan tak mudah. Kemarahan dan sakit hati akan menguasai perasaan setelah mendengar pengkhianatan cintanya.

Perlu komitmen ulang dengan pasangan agar bisa menyembuhkan diri dan mempertahankan pernikahan yang terbentur perselingkuhan. Lakukan beberapa langkah dengan kepala dingin untuk menata kembali rumah tangga Anda.

1. Ajukan pertanyaan yang ingin Anda ketahui
Wajar jika Anda ingin mengorek detail perselingkuhannya. Seperti, seberapa sering bertemu? Sejak kapan? Apakah melibatkan tindakan seksual? Dimana? Berapa kali? Berapa banyak uang yang dihabiskan? Siapa yang mengetahui perselingkuhannya? dan sebagainya.

Anda juga pasti penasaran dengan penyebab pasangan berselingkuh. Selain membuat lega hati, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa mengungkap celah kelemahan yang tersembunyi dalam hubungan pernikahan Anda selama ini.

2. Seimbangkan kemarahan dan keinginan memperoleh informasi
Wajar memang mengungkapkan kemarahan dan mengamuk karena ulahnya. Namun, semua perlu dikendalikan agar pasangan terbuka menceritakan semuanya. Terus menyerang pasangan yang sedang mengakui kesalahannya hanya akan membuatnya takut dan menghilangkan banyak informasi.

Menurut Peggy Vaughan, pengarang 'The Monogamy Myth: A Personal Handbook for Recovering from Affairs', saat telah memperoleh informasi dan fakta perselingkuhan yang dilakukan pasangan, Anda tidak akan terobsesi lagi untuk mengetahuinya.

3. Tetapkan waktu untuk membicarakan perselingkuhannya
Jangan biarkan perselingkuhan mengambil alih kehidupan rumah tangga kalian. Batasi pembicaraan mengenai topik tersebut 15 hingga 30 menit. Jangan biarkan pertanyaan berubah menjadi ajang kebencian bagi kalian berdua. Hal penting lainnya, jangan menyimpan kekhawatiran dalam hati. Bicarakanlah apa yang ingin Anda tanyakan.

4. Fokus
Pasangan yang berselingkuh mungkin akan berdalih pengkhianatannya karena merasa marah atau balik menuduh Anda yang berkhianat. Tetap tenang dan fokus saat membicarakan perselingkuhannya.

5. Ungkapkan perasaan
Diskusikan keraguan, kekecewaan, kemarahan, kesedihan, perasaan dikhianati dan ditinggalkan akibat perselingkuhannya. Sebagai mitra yang ingin memperbaiki hubungan, kalian perlu saling membuka diri dan membangun kembali keintiman.

6. Jangan mudah memaafkan
Sebelum memaafkan perbuatannya, Anda harus bergulat dengan kemarahan dan rasa sakit. Setelah berhasil mengontrolnya, barulah membangun kembali kepercayaan kepadanya.

7. Cari dukungan
Keluarga, teman dan kelompok yang bisa diajak berbagi membantu menghilangkan rasa tidak berdaya dan mengurangi perasaan terisolasi yang Anda alami.

8. Luangkan waktu bersama tanpa membicarakan perselingkuhan.
Habiskan waktu yang romantis untuk mengenang masa-masa menyenangkan bersama pasangan tanpa melibatkan pembicaraan tentang perselingkuhan. Kunjungilah tempat-tempat yang berarti khusus bagi kalian berdua.

9. Memaafkan saat benar-benar siap
Anda tidak akan pernah melupakan perselingkuhan yang pernah dilakukan pasangan. Tetapi, kenangan menyakitkan itu akan pudar seiring berjalannya waktu. Memaafkan pasangan akan membantu mengurangi rasa sakit dan berdamai dengan pasangan.

Anda harus benar-benar siap saat mengambil keputusan memaafkan perbuatannya. Lepaskan semua perasaan negatif apabila pasangan telah jujur dan melakukan semua hal untuk mendapatkan kembali kepercayaan Anda.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024