Menebak Hal Paling Ditakuti Wanita

Wanita takut gemuk
Sumber :

VIVAnews - Otak wanita langsung membentuk persepsi negatif saat disodori sebuah gambar yang menampilkan sosok wanita bertubuh gemuk. Otaknya langsung melakukan identifikasi dan refleksi diri atas gambar yang dilihatnya.

Analisa yang dilakukan para peneliti di Brigham Young University Amerika itu memperlihatkan kondisi psikologis wanita yang takut memiliki tubuh gemuk. Tanpa sadar, para wanita telah tergiring citra cantik dengan penampilan tubuh langsing.

Studi dilakukan dengan membandingkan hasil tes yang dilakukan terhadap sejumlah pria. Hasilnya, otak para pria itu tak terlalu bereaksi saat dipertontonkan gambar yang memperlihatkan sosok pria gemuk. Mereka tak peduli dengan ukuran tubuh.

Ketakutan wanita terhadap ukuran tubuh muncul secara spontan begitu melihat gambar wanita bertubuh gemuk. Mereka langsung merefleksikan gambar itu terhadap dirinya. "Semua wanita ini tidak memiliki sejarah gangguan makan atau sedang melalukan program pelangsingan," kata Mark Allen, ahli saraf yang terlibat dalam penelitian ini.

Seperti dikutip dari laman Telegraph, penelitian ini dipublikasikan di journal psikologi Personality and Individual Differences edisi Mei. Studi ini merupakan bagain dari proyek penelitian jangka panjang mengenai gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Anoreksia dan bulimia adalah kelainan pola makan yang sering terjadi pada wanita. Kelainan tersebut biasanya merupakan suatu bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri yang berbahaya. Gangguan tersebut biasanya dihasilkan ketakutan bahwa tubuh akan menjadi gemuk setelah makan.

Para peneliti tampaknya ingin menelusuri latar belakang penyimpangan pola makan yang banyak dilakukan wanita. Mereka ingin mencari jawaban apakah kasus-kasus seperti anoreksia dan bulemia terjadi akibat gambaran ideal wanita langsing.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku
Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Arkhan Fikri Gagal Penalti, Ini yang Dipikirkan Ernando Ari

Arkhan Fikri gagal melakukan tugasnya sebagai eksekutor penalti saat Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024, Jumat dini hari WIB.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024