Perceraian Membuat Wajah Cepat Tua

pasangan putus
Sumber :
  • www.punchstock.com


VIVAnews - Perceraian membuat wajah seorang wanita tampak dua tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

Demikian menurut tim peneliti Case Western Reserve University di Cleveland, Amerika Serikat (AS) setelah melakukan penelitian terhadap 186 pasangan kembar identik yang seluruhnya perempuan. Penemuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal American Society Of Plastic Surgeons.

Tim peneliti, seperti dikutip dari laman harian The Telegraph, membandingkan satu orang dengan kembarannya. Mereka menemukan bahwa kembaran yang mengalami perceraian rata-rata tampak dua tahun lebih tua dibanding kembaran mereka yang lajang, menikah, atau janda yang pasangannya meninggal.

Stress merupakan faktor paling umum yang menyebabkan mereka menua lebih cepat dibanding saudara kembar masing-masing. Studi ini juga menemukan bahwa bagi perempuan dengan usia tertentu dan memiliki bobot tubuh ekstra bisa membantu mereka tampak lebih muda.

Bila untuk penelitian wanita yang berusia di bawah 40 tahun, saudara kembar yang memiliki berat badan berlebih adalah yang tampak lebih tua, maka untuk perempuan yang memasuki usia kepala lima, saudara kembar yang lebih kurus dianggap lebih cepat mengalami penuaan.

Studi ini menyimpulkan bahwa kehilangan berat badan dalam jumlah abnormal dapat merugikan penampilan. Dr Bahman Guyuron, ketua tim peneliti, mengatakan bahwa kembar perempuan dipilih dalam penelitian ini karena secara genetik mereka terprogram untuk menua sama persis dengan usia.

Guyuron menyarankan agar perempuan yang ingin awet muda bisa  menghindari stress dan rasa cemas, agar bisa "menipu" jam biologis mereka. Para peneliti ini juga memperingatkan bahwa obat-obatan yang bisa melemaskan otot-otot wajah dengan efektif justru akan membuat kulit wajah cepat kendur.

Berjemur di bawah paparan sinar matahari, merokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan penuaan bagi semua usia. Sedangkan terapi pengganti hormon (HRT) memiliki beberapa keuntungan anti-penuaan.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!
Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Informasinya, kabar pemerasan itu sudah diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024