Gemuk Keturunan Tingkatkan Risiko Pikun

Wanita gemuk.
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Selain gaya hidup dan pola makan, ada gen bawaan yang mempengaruhi kepekaan tubuh manusia terhadap obesitas. Sebuah varian gen obesitas ditemukan pada satu dari tiga orang di Amerika Serikat.

Gen Fat Mass and Obesity-Associated (FTO), juga dapat mengurangi volume otak dan meningkatkan risiko penyakit memori, Alzheimer. Pemilik gen FTO berpeluang 70 persen menjadi gemuk daripada orang yang tidak membawa gen ini, seperti dikutip dari laman Mail Online.

"Gen ini membuat ukuran pinggang lebih cepat melar dan menjadikan otak 16 tahun lebih tua," kata Profesor Paul Thompson, pakar neurologi di University of California, Los Angeles atas penelitiannya yang dipublikasikan Jurnal 'Prosiding National Academy of Sciences'.

Orang dengan gen FTO memiliki jaringan lobus frontal sebagai pusat komando otak delapan persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak memiliki gen tersebut. Mereka juga memiliki jaringan lobus oksipital yang berfungsi mengatur visi dan persepsi 12 persen lebih sedikit. Kurangnya dua jaringan otak itulah yang mempengaruhi risiko Alzheimer.

Solusinya, bagi orang pembawa gen FTO adalah diet rendah lemak dan berolahraga teratur. Sebuah studi terhadap 200 orang dengan gen FTO mengungkap, berolahraga teratur membuat mereka memiliki berat badan sama dengan mereka yang tak mewarisi gen obesitas.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024