VIVALIFE

Atasi Ruam pada Kulit Bayi

Masalah kulit ini ditandai dengan kemerahan, bersisik atau lecet di sekitar pipi dan leher
Selasa, 20 April 2010
Oleh : Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Ilustrasi bayi

VIVAnews - Jika Anda dan pasangan memiliki riwayat alergi, jangan kaget jika buah hati mengalami eksim susu atau ruam pada kulit bayi akibat susu. Pasalnya, eksim susu dipicu oleh faktor keturunan. Orangtua yang memiliki riwayat alergi, kemungkinan anaknya mengalami eksim susu saat bayi cukup besar yaitu mencapai 80 persen.

Menurut data statistik Divisi Dermatologi Pediatrik pada 2005-2009, Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (IKKK), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, eksim susu adalah salah satu gangguaan kulit yang paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak di Indonesia.

Eksim susu ini ditandai dengan kemerahan, kulit bersisik, kering atau lecet di sekitar pipi dan leher. Mitos menyebutkan, gangguan kulit tersebut terjadi karena air susu ibu (ASI), padahal itu tidak benar.

"Meskipun namanya eksim susu, penyebabnya bukanlah ASI. Kaitan terbesarnya adalah faktor keturunan orangtua yang memiliki riwayat alergi. Lalu, faktor pencetusnya yaitu kulit dalam keadaan kering, serta udara yang panas dan berdebu," kata dr. Tina Wardhani Wisesa SpKK, saat ditemui dalam acara seminar "Perlindungan Kulit Sensitif Bayi" yang diselenggarakan oleh Huggies di Jakarta, 20 April 2010.

"Penyakit ini biasanya kambuhan. Meskipun sudah sembuh tetapi beberapa hari kemudian bisa muncul kembali. Mengetahui faktor pencetusnya adalah hal yang terpenting, untuk menghindari eskim susu kembali kambuh," kata dr. Tina.

Selain menghindari faktor pencetus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah eksim susu. Yaitu, pastikan lingkungan rumah bersih dan sehat agar udara berkualitas. Mandikan si kecil dengan air yang tidak terlalu hangat. Hal itu karena air yang terlalu hangat bisa membuat kulitnya menjadi kering. Saat kondisi kulit dalam keadaan kering, cenderung lebih sensitif dan mudah sekali muncul ruam.

Oleskan juga pelembab kulit atau baby oil untuk menjaga kelembapan kulitnya. Lalu, bersihkan juga ruam yang ada di pipi dengan air bersih secara teratur. Biasanya, eksim susu akan hilang dengan sendirinya. Periksakan ke dokter jika eksim meluas ke leher, tubuh, lengan dan kaki, atau jika eksim disertai kulit basah, dan bernanah. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER