Cegah Iritasi Kulit Akibat Cukur Bulu

wanita mencukur bulu kaki
Sumber :
  • www.punchstock.com

VIVAnews - Menghilangkan bulu-bulu mengganggu seperti di bawah ketiak atau kaki begitu mudah dilakukan sendiri di rumah. Cukup mengandalkan pisau cukur yang banyak beredar di pasaran. Tapi, amankah?

Mencukur bulu-bulu di kulit aman dilakukan tanpa bantuan seorang profesional. Namun, perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya iritasi pascapencukuran. Dari sekadar kulit kemerahan, hingga rasa panas dan gatal.

Gangguan kulit usai bercukur semacam itu mudah terjadi pada kulit sensitif. Untuk mengatasinya, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko iritasi setelah bercukur.

1. Mandi
Luangkan waktu beberapa menit untuk berendam maupun mandi sebelum bercukur. Mandilah dengan air hangat, karena berfungsi melembutkan bulu. Setelah itu baru cukur bulu-bulu mengganggu di kulit Anda.

2. Eksfoliasi
Sebelum mencukur, sebaiknya lakukan eksfoliasi. Gunakan scrub lembut untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit. Terkadang iritasi kulit juga dipicu karena sel-sel kulit mati.

3. Gunakan krim
Oleskan krim lembut atau gel khusus untuk mencukur. Krim khusus tersebut tidak hanya mengurangi risiko iritasi, tetapi juga mencegah tumbuhnya bulu di dalam kulit (ingrown hair).

4. Cukur searah tumbuhnya bulu
Cukurlah bulu ke arah pertumbuhannya untuk menghindari luka. Upayakan tidak mencukur area yang sama lebih dari sekali.

5. Oleskan gel
Setelah selesai bercukur, oleskan gel aloevera yang bebas alkohol. Gel ini berfungsi untuk melembutkan kulit serta mencegah iritasi dan melebarnya pori-pori. (umi)

Terpopuler: Bukti Kencan Kim Soo Hyun-Kim Ji Won, Teuku Ryan Dibawa Berobat dan Ruqyah
Indonesia U-23 vs Irak U-23

Cek Fakta: Alex Ferguson Komentari Kekalahan Timnas Indonesia dari Irak di Piala Asia U-23

Beredar di media sosial video bernarasi, mantan pelatih Manchester United, Alex Ferguson turut mengomentari kekalahan Timnas Indonesia dari Irak di Piala Asia U23.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024