Waspada, Hubungan Seksual Terasa Sakit

Bercinta tidak memuaskan
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Jangan remehkan rasa tak nyaman yang muncul saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Apalagi jika muncul rasa sakit. Anda perlu mewaspadai kemungkinan mengidap endometriosis.

Harvey J Kliman, MD, di Yale School of Medicine di New Haven, Connecticut mengatakan, rasa sakit saat berhubungan seksual merupakan salah satu gejala endometriosis.

Endometriosis merupakan kondisi di mana endometrium, jaringan yang melapisi rahim, juga tumbuh di indung telur, panggul, dan saluran tuba. Jaringan ini bisa menyebabkan inflamasi lokal dan jaringan parut di panggul sehingga membuat hubungan seksual menyakitkan.

Harvey mengatakan, jika tidak segera diobati, endometriosis bisa menyebabkan kemandulan, bahkan tumor. Dalam kondisi yang kronis, tumor bisa berkembang menjadi beberapa jenis kanker ovarium.

Namun, bukan berarti rasa sakit saat berhubungan seksual adalah pertanda endometriosis. Rasa sakit juga bisa muncul akibat kurangnya lubrikasi, alat pencegah kehamilan yang tak nyaman, kekejangan otot vagina, kuman, atau peradangan usai pembedahan.

Segara lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui perkembangan kesehatan Anda lebih lanjut. Dan ingat, selalu jaga kebersihan daerah kewanitaan Anda. (wm)

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Terkait kasus yang dialami oleh Alca Octaviani, ada 2 jenis obat yang telah ia konsumsi di antaranya adalah obat actifed yang mempunyai kandungan pseudoephedrine.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024