Televisi Memicu Gemuk

Olahraga di depan TV
Sumber :
  • doc.Corbis

VIVAnews - Tak lengkap rasanya menonton acara favorit di televisi tanpa ditemani camilan. Nafsu untuk mengunyah itu seringkali muncul saat sedang asyik menonton televisi, meski sebenarnya tak merasa lapar.

Sebuah riset terbaru di Universitas Yale menemukan bahwa menonton televisi bisa memicu kegemukan. Mereka yang menonton televisi cenderung terhasut iklan makanan yang dilihatnya untuk makan atau ngemil, meskipun tidak lapar atau baru saja makan.

Hasil studi menunjukkan, mereka yang menonton televisi selama satu jam setengah, mengonsumsi 36 persen lebih banyak kalori yang berasal dari camilan seperti pizza. Mereka juga mengasup 71 persen lebih banyak kalori dari makaroni dan keju, dibandingkan dengan orang yang mendengarkan musik selama satu jam setengah.

Studi yang dimuat dalam Jurnal Physiology and Behavior itu juga mengungkap, orang dewasa yang jarang atau kurang dari empat jam sehari menonton televisi memiliki berat badan lebih baik. Dari sekitar 5.000 orang yang menonton televisi kurang dari 10 jam seminggu, terbukti memiliki berat badan lebih ringan 30 pon atau 13 kilogram.

"Jika Anda memisahkan jam makan dan menonton televisi, berat badan mungkin akan lebih ideal. Tapi jika Anda tidak dapat menonton televisi tanpa mengemil, sebaiknya makan camilan seperti sayuran dan yogurt," ujar Nicholas Christakis, seorang dokter dan sosiolog di Harvard.

Menatap layar komputer juga dapat menyebabkan makan berlebih. Dr Robert Slayton menyarankan agar menghindari berkirim email saat makan siang di kantor. Jika tiap orang mengetahui berapa jam kerja atau berapa yang dimakan tiap hari, sebaiknya hitung juga berapa jam yang dihabiskan untuk menonton televisi. Gunanya agar dapat mengontrol kebiasaan buruk saat menonton.

Orang yang menonton televisi setengah jam lebih lama selama tiga minggu hanya membakar 119 kalori ekstra per hari, dibanding yang berjalan kaki sejauh 1,6 km. Slayton menyarankan agar menonton televisi dibatasi hanya satu jam sehari. (pet)

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024