Minyak Zaitun Ampuh Lawan Sakit Usus

Minyak zaitun.
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Asupan minyak zaitun membantu mencegah terjadinya kolitis ulserativa, salah satu jenis penyakit usus. Asam lemak oleat dalam zaitun menurunkan risiko terkena penyakit tersebut hingga 90 persen.

Kolitis ulserativa merupakan penyakit inflamasi usus yang menyebabkan luka pada lapisan rektum dan usus besar. Akibat peradangan, perut akan mengalami luka dan sakit, diare, serta penurunan berat badan.

Studi terbaru yang dilansir dalam konferensi 'Digestive Disease Week' menemukan, diet kaya asam oleat menurunkan risiko terjadinya kolitis ulserativa. Asam oleat merupakan asam lemak tunggal yang ditemukan dalam makanan seperti minyak zaitun, minyak kacang, minyak biji anggur, mentega dan beberapa jenis margarin.

Studi melibatkan lebih dari 25 ribu orang dengan usia 40-65 tahun di Norfolk Inggris, antara tahun 1993 dan 1997. Saat uji awal, tak satupun yang mengalami kolitis ulserativa. Pada 2002, sebanyak 22 peserta mengalami kolitis ulserativa.

Para peneliti lalu membandingkan diet orang-orangĀ  yang mengidap penyakit ini dengan yang tidak mengidap penyakit usus. "Asam oleat membantu mencegah perkembangan kolitis ulserativa dengan menghalangi bahan kimia usus memperparah peradangan," kata Kepala Tim Riset Dr Andrew Hart, dari Universitas East Anglia's School of Medicine seperti dikutip dari Healthday News.

"Kami memperkirakan konsumsi asam oleat akan mengurangi setengah kasus kolitis ulserativa. Dua sampai tiga sendok makan minyak zaitun per hari akan melindungi usus," katanya. (pet)

PBNU Harap Amicus Cuarie Diajukan Megawati Tak Munculkan Kontroversi Berkelanjutan
Ilustrasi kemiskinan di desa.

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

Kemiskinan adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi banyak negara di seluruh dunia. Meskipun begitu, ada beberapa negara yang berhasil menekan tingkat kemiskinan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024