Keampuhan Asparagus

Asparagus
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Asparagus bukan hanya sedap disantap, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi jerawat hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan alkali tinggi dalam asparagus bahkan tak hanya mampu mengatasi masalah jerawat, tapi juga gangguan kulit lainnya seperti kudis, eksim. Sementara kandungan seratnya (dietary fiber) yang sangat tinggi mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker.

Seperti dikutip dari laman Good to Know, Direktur Departemen Nutrisi dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, Kathy McManus, RD, mengatakan, asparagus merupakan diuretik alami yang dapat melepaskan cairan tak berguna dari dalam tubuh melalui urin.

Itulah mengapa, konsumsi sayuran dengan nama latin Asparagus officinalis ini sangat disarankan bagi mereka yang tengah menjalani  program diet penurunan berat badan. Apalagi asparagus merupakan sayur rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol.

Sifat diuretiknya tak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memperlancar metabolisme tubuh dan memperbaiki kerja ginjal. Asparagus membantu memperlancar saluran urin dan menghambat pembentukan batu ginjal.

Asparagus merupakan salah satu sayur rendah sodium, sumber potasium yang baik, sumber serat yang baik, sumber folasin yang baik, sumber signifikan thiamin, sumber penting vitamin B6, dan salah satu sumber terkaya rutin, suatu senyawa yang memperkuat dinding kapiler. Juga kaya kandungan mineral, dan vitamin A, D, dan E.

Secara klinis, asparagus juga terbukti mampu meningkatkan kesuburan pria. Sedangkan bagi wanita, konsumsi asparagus dapat mencegah kram saat menstruasi. Asparagus juga kaya asam folat yang baik bagi ibu hamil dan menyusui. Sedangan kandungan antioksidannya dapat mencegah penuaan dini. 

Agar kandungan gizi di dalamnya tak hilang, sebaiknya olah asparagus dengan merebus selama 3-4 menit. Yang paling umum adalah mengolahnya menjadi sup, tapi banyak juga yang mengolahnya menjadi sajian jus asparagus. (pet)

Bertemu Megawati, Ganjar Tegaskan Putusan PHPU Momentum Kembalikan Marwah MK
Atlet balap sepeda Indonesia, Bernard Benyamin van Aert

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Sebanyak 17 atlet Indonesia sudah memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Terbaru, ada dari cabang olahraga balap sepeda.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024