Tetap Tidur Nyenyak Semasa Hamil

Tidur Lelap Agar Awet Muda
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Perubahan hormon dan bentuk tubuh membuat para wanita hamil mengalami sulit tidur, atau tidur menjadi tidak nyenyak. Padahal, wanita hamil membutuhkan istirahat yang cukup dan berkualitas agar tubuhnya tetap fit serta janin dalam kondisi sehat. Jika saat ini Anda sedang hamil dan mengalami masalah tidur, cobalah atasi dengan trik berikut.

1. Hindari tidur siang
Kantuk saat siang hari sering muncul terutama pada trimester pertama. Hal ini membuat wanita hamil tidur siang cukup lama, tetapi pada malam hari, justru sulit tidur. Untuk itu, saat kantuk muncul, lakukanlah kegiatan lain, agar Anda tidak tidur siang terlalu lama.

2. Miliki banyak bantal
Bantal adalah 'investasi' Anda saat tidur. Terutama, ketika kehamilan trimester ketiga. Punggung akan terasa pegal karena berat badan bertambah, untuk mengatasinya dan membuat tidur lebih nyaman, jadikan bantal sebagai penyangga tubuh, bukan hanya kepala.

3. Hirup aroma lavender
Untuk membuat tidur lebih nyenyak, hiruplah aroma bunga lavender. Anda bisa membeli bunga lavender yang telah dikeringkan letakkan di dalam kamar atau gosokkan pada bantal kepala.

4. Jadwal tidur yang selalu sama
Saat akhir pekan, usahakan agar jadwal tidur tetap sama. Jika jadwal tidur berubah, tubuh harus menyesuaikan lagi dan Anda bisa mengalami kesulitan tidur selama beberapa hari, hingga tubuh selesai beradaptasi. (umi)

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia
Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024