Makanan Penangkal Selulit

Bebas Selulit
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Meskipun timbul di area tubuh yang tertutup pakaian, selulit tetap saja menimbulkan rasa minder. Apalagi jika Anda berencana untuk berlibur ke pantai dan ingin mengenakan bikini seksi.

Untuk mencegah bertambahnya 'kulit jeruk', ada tiga hal yang dapat Anda lakukan.

- Banyak minum air putih
"Setiap kali kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit akan tampak segar dan sehat," kata Lona Sandon, RD, juru bicara American Dietetic Association, seperti dikutip dari Self.

Pada bagian ujung paha dan lipatan tempat munculnya selulit terdapat banyak sel-sel lemak. Untuk menghancurkannya dibutuhkan latihan intensif dan cairan. Untuk itu, Sandon menyarankan minum air hangat 8 gelas setiap harinya.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Selain itu, konsumsi juga buah yang banyak mengandung air, seperti anggur, apel atau semangka. Menurut penelitian wanita yang banyak mengonsumsi buah yang mengandung air, memiliki pinggang dan indeks massa tubuh yang lebih kecil. 

- Konsumsi buah dan sayuran berwarna
Buah dan sayuran berwarna, seperti wortel, bayam, jeruk, anggur, atau tomat mengandung banyak vitamin C yang penting untuk mencegah kerusakan pada kolagen. Kolagen adalah struktur pendukung dalam kulit yang membuatnya tetap kenyal. Jika kolagen melemah kulit bisa kehilangan elastisitasnya kulit dan lemak dengan mudah menonjol dan menjadi selulit. 

Selain itu, penelitian dari Arizona State University, menunjukkan vitamin C dapat membantu Anda membakar 30 persen lemak lebih banyak selama olahraga.

- Konsumsi gandum
Karbohidrat kompleks seperti nasi putih, pasta dan roti putih yang dikonsumsi berlebih, akan dikonversi menjadi gula darah (glukosa). Tubuh cenderung akan menyimpan kelebihan glukosa yang kemudian dibawa ke sel hati untuk selanjutnya diolah menjadi glikogen untuk disimpan, dibandingkan membakarnya. Hal itu menciptakan sel-sel lemak baru, sehingga lemak tersebut mendorong jaringan ikat di kulit dan menimbulkan selulit.

Untuk mencegahnya, ganti asupan karbohidrat Anda. Penuhi kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi bubur gandum atau roti gandum. (umi)

Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024