Sehat Berenergi dengan Bahan Bakar Alami

Madu
Sumber :
  • lbjsbrownbag.com

VIVAnews - Jadwal pekerjaan padat di saat Anda tidak mendapat cukup waktu beristirahat, bisa membuat tubuh kelelahan dan mudah terkena penyakit. Untuk menghindarinya, makanan yang Anda konsumsi harus bisa menghasilkan energi yang maksimal.

Selama ini agar tubuh tetap berenergi di tengah kesibukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen makanan atau vitamin. Selain itu, sebenarnya ada cara lain agar tubuh tetap berenergi, yaitu dengan mengonsumsi tiga makanan berikut, yang dikutip dari Eatingwell.com.

1. Madu
Penelitian menunjukkan bahwa karbohidrat yang dihancurkan (makanan yang mengandung fruktosa dan glukosa) bisa menjadi lebih unggul untuk memproduksi glukosa dalam meningkatkan energi selama beraktivitas.

Sebelum Anda mengonsumsi suplemen atau minum minuman berenergi, pertimbangkanlah gula alami yang memiliki fruktosa, glukosa, antioksidan dan vitamin, yaitu madu. Konsumsilah satu sendok makan penuh madu sebelum beraktivitas. Makanan super ini tidak hanya membuat Anda lebih berenergi, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Susu cokelat
Sebuah penelitian pada 2006 menemukan bahwa susu cokelat membantu atlet yang sedang kelelahan kembali berstamina, dibandingkan minuman berenergi. Dalam studi tersebut, sembilan pembalap sepeda, bersepeda hingga kelelahan, kemudian mereka beristirahat selama empat jam, dan kembali bersepeda.

Selama masa istirahat, sebagian dari mereka  minum susu cokelat rendah lemak, dan sebagian lagi mengonsumsi minuman energi dan elektrolit. Para pembalap yang minum susu cokelat, dapat bersepeda sekitar 50 persen lebih lama dibandingkan pembalap yang mengonsumsi minuman energi. Jadi, jika Anda kelelahan minumamlah segera susu cokelat rendah lemak untuk mengembalikan stamina.

3. Yogurt
Kurang istirahat berdampak pada menurunnya kerja sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat seseorang mudah terkena infeksi saluran pernafasan atas(ISPA), tetapi penelitian menunjukkan probiotik yang aktif dan hidup dalam yogurt, dapat membuat seseorang tetap fit.

Studi terhadap 20 atlet pada 2008 (dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine), menemukan bahwa konsumsi kapsul probiotik setiap hari meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh para atlet serta membuat atlet yang terkena ISPA, sembuh lebih cepat. Tidak hanya itu probiotik juga dapat mengurangi rasa mual yang biasanya muncul saat gugup. Jadi, konsumsilah selalu yogurt agar Anda tidak mudah terkena penyakit. (umi)

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024