« Kembali
Tiga Makanan Perangi Nyeri Sendi
Selain pengapuran, keluhan nyeri sendi juga bisa dipicu peradangan dan pengeroposan.
Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
Kamis, 13 Mei 2010, 17:10 WIB
tulang  
tulang  

VIVAnews - Nyeri atau peradangan di sekitar persendian menyiksa jutaan orang di dunia. Selain pengapuran atau penimbunan kalisium, keluhan nyeri sendi juga bisa dipicu peradangan jaringan pengikat dan pengeroposan tulang rawan (osteoarthritis).

Pada level terparah, gangguan semacam itu bisa berujung pada pembedahan. Seperti dikutip dari laman Readers Digest, lakukan pencegahan dengan mengonsumsi tiga makanan berikut.

Kedelai
Berdasar penelitian Universitas Oklahoma State, konsumsi kedelai setiap hari selama tiga bulan bisa menggantikan manfaat obat-obatan pereda nyeri sendi. Kedelai kaya isoflavon, hormon tanaman dengan sifat antiperadangan.

Studi dilakukan terhadap sejumlah responden yang diminta mengkonsumsi minuman campuran bubuk kedelai mengandung protein 40 gram. Salah satu peneliti, Bahram H. Arjmandi, PhD, mengatakan, asupan isoflavon bisa diperoleh dengan konsumsi susu rasa kedelai, edamame, dan burger kedelai.

Buah
Penelitian yang dilakukan terhadap 293 orang dewasa di Australia terungkap, banyak makan buah mengurangi risiko pengembangan lesi sumsum tulang yakni tanda memburuknya kondisi osteoartritis lutut dan rasa sakit. Buah yang banyak mengandung vitamin C seperti kiwi, jeruk, mangga, dan pepaya diklaim bisa melindungi sendi lutut dan mendukung strukturnya agar tetap kuat.

Ikan
Banyak studi mengungkap bahwa ikan dan minyak ikan mengurangi nyeri sendi dan kaku akibat rheumatoid arthritis. Omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam ikan juga dapat menghalangi pembentukan bahan kimia penyebab peradangan osteoartritis.

Kata peneliti gizi Artemis P. Simopoulos, MD, makan dua porsi ikan berminyak, seperti ikan kembung atau ikan salmon, setiap minggu atau mengambil satu gram omega-3 dalam bentuk kapsul setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah nyeri sendi. (adi)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id