Efek Dahsyat Suara Ibu pada Anak

Ajari anak gemar membaca
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Suara ibu layaknya sebuah pelukan lembut. Seperti dikutip dari laman dailymail.co.uk, suara ibu tak hanya bisa menenangkan hati anak, tapi juga bisa menjadi obat paling ampuh menghilangkan stres si kecil.

Penelitian University of Wisconsin-Madison, Amerika, menemukan, saat mendengar suara lembut ibu, saraf seorang anak akan bekerja cepat dan langsung memberikan ketenangan.

Temuan ini bisa membantu menjelaskan mengapa ibu sering menjadi orang pertama yang dicari saat seorang anak berada dalam masa-masa sulit. Bahkan, ketika dewasa pun anak-anak seringkali menjadikan suara ibu sebagai obat penenang.

Tim peneliti melihat peran oxytocin, hormon cinta mempengaruhi efek dahsyat suara ibu pada anak. Dikenal sebagai cuddle hormone, hormon ini dilepaskan ke dalam darah selama persalinan, sehingga bisa memicu produksi ASI dan membantu kedekatan ibu dan anak. Hal ini juga yang menyebabkan ASI bisa menjadi salah satu kunci kemampuan ibu untuk menenangkan anaknya.

Kesimpulan ini dipertegas dengan penelitian yang dilakukan pada tujuh kelompok anak berusia 12 tahun di suatu sekolah. Pengujian ini dilakukan saat sekolah menggelar lomba berdebat dan kontes matematika.

Saat berada dalam suatu perlombaan, tingkat kortisol, hormon yang terkait dengan stres melonjak, berproduksi cepat. Dalam pengujian ini, sebagian dari peserta diminta berbicara pada ibunya lewat telepon. Sedangkan sebagian lainnya diberikan kesempatan untuk menonton film.

Hasilnya, seperti dilaporkan dalam jurnal 'Proceeding of Royal Society B', tingkat oxytocin meningkat cepat pada anak-anak yang berbicara dengan ibu mereka. Yang mengejutkan, anak-anak yang menelepon ibu mereka merasa sangat tenang layaknya setelah dihibur pelawak.

Peneliti Leslie Seltzer berkata, "Biasanya oxytocin dapat diproduksi setelah adanya kontak fisik. Tapi, dari penelitian ini jelas terbukti bahwa suara seorang ibu dapat memiliki efek sama dengan pelukan."

MKMK Nyatakan Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Langgar Etik meski Jabat Ketua PA GMNI

Kesimpulannya, cara termudah untuk meredakan stres adalah dengan menelepon ibu Anda. Ingin mencoba? (umi)

Pelatih Bhayangkara FC, Emral Abus

Dihantui Degradasi, Bhayangkara FC Tolak Menyerah Lawan Persib Bandung

Bhayangkara FC akan menghadapi Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024