Ketagihan Pedasnya Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap
Sumber :
  • tiaaadriani.blogspot.com

VIVAnews - Menyebut kekayaan kuliner nusantara, nampaknya tidak afdol jika tidak memasukkan kuliner Betawi dalam daftar perburuan makanan enak yang patut dicoba. Salah satu kuliner Betawi yang cukup kondang adalah gulai kepala kakap buatan Hj Saadah yang namanya cukup kondang di Jakarta Barat.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Rasanya yang menggugah selera membuat gulai buatan perempuan asli Betawi ini bisa habis dipesan pembeli hanya dalam waktu tiga jam saja.
 
Masakannya memang cukup membuat lidah ketagihan, meski tempat berdagangnya hanya berupa bangunan sederhana di Perumahan Permata Buana, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Tak heran, gulai kepala ikan kakap menjadi menu favorit di kedai yang lokasinya di sebelah gedung Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Barat ini. "Paling-paling hanya tiga jam saja, gulai kepala ikan kakap sudah habis terjual," ujar Hj Saadah seperti dikutip dari beritajakarta.com.

Gulai kepala ikan kakap buatannya sangat digemari pelanggannya, sehingga menu lainnya terkadang kurang laku. "Gulai kepala ikan kakap paling banyak dicari," imbuh Hj Saadah yang mengaku telah memulai berdagang nasi sejak 10 tahun lalu dan bermula dari tenda kecil di lahan tersebut.

Padahal, menurutnya gulai kepala ikan kakap buatannya terkesan biasa saja dan hanya menggunakan campuran bumbu yang lazim digunakan dalam keperluan memasak sehari-hari. Dalam satu kali masak, dirinya biasa membeli hingga 50 kepala ikan kakap. "Kalau ada pesanan hajatan biasanya kita masak sampai dua kali lipat dari biasa," katanya membeberkan.

Bumbunya sendiri, kata Saadah, terdiri dari cabai, bawang, lengkuas, kunyit, jahe, dan daun salam yang ditumbuk halus. Lalu, campuran bumbu itu ditumis dengan ditambahkan santan kental. Lalu, ditunggu hingga santan dan bumbu menyerap. Selanjutnya, secara perlahan ditambah dengan air putih. "Masaknya biasa saja, tapi lain tangan lain juga rasanya," kata Hj Saadah.

Untuk satu porsi gulai kepala ikan kakap lengkap dengan nasi putih ditaburi bawang goreng dihargai Rp 20 ribu. Sementara untuk melengkapi kemantapan rasa, pelanggan boleh memesan es jeruk murni tanpa campuran air atau es teh manis. (umi)

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep usai acara pembekalan para anggota legislatif terpilih di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), membuka pendaftaran untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2024. Pendaftaran dibuka 26 April 2024, sampai 1 Agustus 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024