Perusak Gigi Anak Tak Hanya Permen

Gigi anak
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Membatasi konsumsi gula pada anak memang tidak mudah. Jangan berpikir gula hanya ada pada permen. Kandungan gula penyebab kerusakan gigi juga terdapat pada sejumlah minuman ringan, dan makanan manis lainnya.

Seperti dikutip dari laman Female First, survei terbaru Yayasan Kesehatan Gigi Inggris terhadap 286 dokter gigi menunjukkan, minuman manis diidentifikasi sebagai faktor utama penyebab kerusakan gigi anak.

Dalam paruh kedua tahun 2008 terdapat 1.270.000 tambalan di gigi anak-anak di Inggris dan Wales. Lubang gigi dan hasil erosi enamel bisa meyebabkan si kecil mengalami kesakitan, perubahan warna, kepekaan dan membusuk.

Menurut Yayasan Kesehatan Gigi Inggris, makanan dan minuman penyebabnya antara lain, sari buah jeruk, dan minuman soda.

Tanpa sadar, para ibu sering memberi anak-anak jus buah, susu, atau camilan manis sebelum tidur. Tak jarang pula yang membiarkan botol bayi terus menempel pada gigi anak. Padahal, lapisan gula yang menempel pada gigi semalaman dapat menyebabkan kerusakan dan pembusukan gigi. Untuk itu, upayakan selalu menyikat gigi sebelum tidur.

Namun, bukan berarti anak dilarang mengonsumsi makanan manis. Yang perlu dilakukan adalah menyeimbangkan sisa-sisa gula di rongga mulut dengan memperbanyak minum air putih setelahnya. Atau menyikat gigi usai makan makanan mengandung gula. (pet)

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri
Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024