Bebaskan Dapur dari Kuman

interior dapur
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Di balik fungsi utamanya sebagai tempat memasak, dapur dianggap jantung rumah. Tak heran jika kesehatan penghuni rumah dipengaruhi kualitas kebersihan dapur. Dapur bisa menjadi sarang penyakit.

Seperti dikutip dari laman Shine Yahoo, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mayoritas dapur jauh lebih kotor dari kamar mandi. Dapur menjadi area subur pertumbuhan kuman.

Mei Mohty, dokter dari Cigna Medical Group, menyatakan, wastafel dan tempat pembuangan sampah adalah yang paling rentan menjadi sarang kuman. Spons, lap cuci, serta talenan juga memiliki potensi sama jika tidak dicuci bersih dengan sabun dan air panas.

Jangan remehkan hal semacam itu. Kuman seperti Salmonella, E coli, dan Campylobacter dapat tumbuh subur dan memicu penyakit. “Hal ini sangat penting ketika menggunakan talenan untuk daging kemudian menggunakan papan yang sama untuk memotong buah atau sayuran,” kata Mei.

Selain memiliki potensi sebagai sumber penyakit, dapur juga seringkali menjadi lokasi yang menciderai penghuni rumah. Insiden paling umum adalah luka bakar atau luka akibat goresan pisau masak.

“Saya melihat banyak luka pada tangan dari orang yang mencoba untuk memasak, terutama jika mereka sedang menggunakan pisau baru. Saya juga melihat banyak luka akibat mencuci cangkir gelas. Saya juga melihat luka di tangan ketika seseorang mencoba menggunakan pisau,” katanya.

Atau bisa juga tangan melepuh ketika terkena percikan minyak panas saat menggoreng. Atau ketika uap membakar tangan atau wajah, ketika bagian dalam oven panas atau panci panas disentuh. Lebih buruk lagi adalah membakar dan melukai tangan anak-anak saat terlepas dari pengawasan.

Berikut tips merawat dapur:

1. Semua permukaan termasuk bagian atas dapur seperti wastafel dan talenan harus dicuci dengan bersih setelah digunakan.
2. Gunakan selalu sarung tangan dan sabun untuk membersihkan wastafel setiap hari sehingga Anda dapat menghilangkan partikel makanan di mana bakteri bisa tumbuh.
3. Gunakan sabun antibakteri dan gunakan selalu pembersih tangan setelah beraktivitas di dapur.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024