Ajari Si Kecil Cuci Tangan

Anak Cuci Tangan
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Kebersihan tangan penting bagi kebersihan tubuh. Cuci tangan adalah cara termudah dan paling efektif untuk mengusir kuman bakteri jahat dan virus. Tindakan sederhana itu bisa melindungi diri dari berbagai penyakit seperti flu dan batuk.

Tularkan kebiasaan mencuci tangan kepada keluarga, terutama anak sejak usia dini. Seperti dikutip dari laman Modernmom.com, berikut cara terbaik untuk membiasakan anak mencuci tangan.

Beri Pengetahuan Tentang Kuman
Kuman adalah penyebab sakit. Kuman tersebar di banyak tempat, mulai dari dapur, gagang pintu, keyboard komputer, dan bulu hewan peliharaan. Saat memegang benda-benda itu, kuman akan berpindah ke tangan kita dan berpotensi masuk ke tubuh melalui makanan yang masuk ke mulut. Jadi penting mencuci tangan sebelum makan.

Ajarkan Cara Mencuci Tangan
Setelah mengenalkan anak tentang bahaya kuman dan bagaimana penyebarannya, kini saatnya Anda membiasakan cuci tangan dengan sabun antiseptik sebelum dan setelah beraktivitas. Ingatkan selalu bahwa kuman penyebab timbulnya penyakit.

Gunakan buku bergambar atau cerita unik yang bisa membuat mereka mengerti akan pentingnya cuci tangan. Menggunakan illustrasi kartun yang lucu, baik dan menghibur serta informatif bisa membantu meyakinkan anak-anak tentang bahaya kuman.

Ajari Teknik Mencuci Tangan
Selanjutnya, ajari mereka bagaimana teknik mencuci tangan yang baik. Ingatkan anak Anda tentang teknik-teknik yang tepat cuci tangan yaitu, hidupkan keran dan dan basahi tangan. Gunakan sabun hingga keluar busa sambil mengusap-usap telapak tangan, punggung tangan, dan di antara jari-jari tangan.

Supaya mencuci tangan lebih menyenangkan, lakukan sambil menyanyi lagu pendek yang memiliki panjang lagu sama dengan waktu mencuci tangan, yakni kurang lebih 15 detik.

Katakan pula pada si kecil, mencuci tangan wajib dilakukan setelah bersin atau batuk, setelah menyentuh benda-benda di luar, setelah pergi ke kamar mandi, setelah bermain dengan binatang, sebelum menyiapkan makanan, serta sebelum dan sesudah makan.

Membantu anak-anak belajar bertanggung jawab atas kesehatan diri tidak hanya bermanfaat untuk mereka tapi juga keluarga Anda. “Hal itu juga menjadi salah satu pelajaran hidup terbaik yang dapat kita berikan kepada mereka," kata penulis Direktur Senior Education Programs with Knowledge Universe di Arizona, Megan Riede. (umi)

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan telah sepakat dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melanjutkan kontrak hingga 2027.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024