Mendengkur Picu Pisah Ranjang

Tidur mendengkur.
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Apakah pasangan Anda memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur? Polusi suara yang dihasilkan oleh dengkuran seringkali 'menyiksa' dan membuat orang di sekitarnya sulit tidur. Sebuah survei mengungkap, kondisi ini bisa berkembang menjadi biang keretakan rumah tangga.

Seperti dikutip dari laman Shine, lembaga statistik di Amerika Serikat menemukan 90 juta warganya mendengkur saat tidur. Sekitar 24 persen di antaranya mengalami pisah ranjang karena suara dengkurannya membuat pasangan sulit tidur.

Sepertiga responden mengakui bahwa kebiasaan mendengkur mempengaruhi kualitas hubungan asmara. Dua perlima pasangan (17-23 persen) mengatakan, mengalami gangguan hubungan seksual akibat pasangan sering mengantuk.

Mengapa pasangan mudah mengantuk? Karena pola tidurnya terganggu akibat dengkuran. Sebanyak 51-62 persen setuju kualitas tidur mempengaruhi kualitas hubungan dengan keluarga dan teman.

Mendengkur disebabkan banyak faktor. Salah satunya terjadi ketika aliran pernapasan terblokir sebagian sehingga menyebabkan berkurangnya aliran udara ke tenggorokan. Akibatnya, jaringan di belakang tenggorokan bergetar. Suara dengkuran bisa berasal dari hidung, mulut, atau keduanya.

Dengkuran ringan bisa dikurangi dengan tidak menggunakan bantal selama tidur agar melancarkan aliran udara yang masuk. Namun, bila dengkuran termasuk parah dan mengganggu hingga kekurangan udara, diperlukan bantuan medis.(sj)

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024