VIVALIFE

Desain Taman Kering

Desain taman seperti apa yang sesuai untuk lahan kosong berukuran 4x4m2 di belakang rumah?
Rabu, 17 Desember 2008
Oleh : Petti Lubis

Tanya:
Saya memiliki lahan sisa di bagian belakang rumah. Ukurannya 4x4 m2. Saya ingin mengubahnya menjadi taman kering. Jika memungkinkan, saya ingin meletakkan satu bangku kayu untuk bersantai. Bagaimana desain taman yang sesuai untuk rumah saya?

syeila_xxx@yahoo.com

Jawab:
Taman kering bisa dipadukan dengan gaya hunian apa saja, sejauh penataannya apik. Bisa pula memberikan sedikit kamuflase, taman semacam ini pun bisa naik dan diletakkan di teras rumah. Konsep taman kering sebetulnya adalah sebuah taman yang simpel dan tidak terlalu dipadati pohon. Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan taman kering adalah bentuk perhatian dalam perawatannya. Taman ini harus rajin dirawat sehingga tetap terlihat bersih dan asri.

Adanya taman kering di dalam rumah dapat membantu terciptanya sirkulasi udara. Taman kering menyediakan pasokan udara segar pada bagian dalam rumah dan dapat memberikan perbedaan temperatur udara, sehingga dapat mendorong udara panas ke luar bangunan.

Dengan lahan 4x4m2 cukup untuk dibuat taman kering asri. Karena sebenarnya taman sekecil apapun bisa dibuat menjadi taman kering. Anda dapat menyusun batu-batu koral atau batu kali pecah dan dua jenis tanaman yang tidak perlu disiram tiap hari.

Taman bisa dibentuk dengan pola seperti yang kami gambarkan, tinggal menambahkan satu jenis tanaman/pohon sebagai fokus utamanya (mis. Pohon kamboja). Bangku kayu bisa menjadi salah satu elemen artistik dari taman itu sendiri, sehingga dapat diletakkan di tempat yang strategis di dalam taman. Jika perlu, Anda dapat menambahkan kolam pancuran yang dapat memberikan nuansa lewat bunyi gemericik airnya.

WARD Design
Architecture/Interior/Furniture/Exhibition
Lebak Bulus I Jl. H. Naseri No. 8
Jakarta
Tel: 021 - 7500934, 98268493
www.ward-design.net

TERKAIT
TERPOPULER