Cokelat Cegah Kelahiran Prematur

Cokelat baik untuk camilan wanita hamil
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Cokelat terbukti menjadi makanan yang baik bagi wanita hamil dan janin dalam kandungan. Wanita hamil yang makan cokelat mampu mengurangi risiko pra-eklampsia, yaitu kenaikan tekanan darah yang mengurangi oksigen dan nutrisi ke bayi. Makan cokelat secara teratur selama kehamilan mengurangi pre-eklampsia hingga 50 persen.

Di Inggris, pre-eklampsia terjadi pada 70 ribu wanita hamil dan 1000 bayi tiap tahun. Hal ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan dapat menyebabkan kejang-kejang, darah menggumpal darah, kerusakan hati dan gagal ginjal.

Namun, riset yang meneliti kebiasaan mengemil 2.500 wanita selama hamil menemukan, wanita yang mengonsumsi makanan ringan cokelat, termasuk cokelat panas, berisiko lebih kecil terkena komplikasi fatal selama kehamilan. Namun, dianjurkan untuk mengonsumsi cokelat hitam daripada cokelat susu dan berwarna, yang memiliki kandungan gula lebih tinggi.

Seperti dimuat dalam Jurnal Annals Epidemiologi, cacao mengandung senyawa theobromine yang menjaga tekanan darah tetap stabil dan membantu pembuluh darah membesar.

"Wanita dengan konsumsi cokelat secara teratur lebih dari tiga porsi seminggu mengurangi risiko terjadinya pre-eklampsia. Asupan cokelat pada trisemester pertama dan ketiga sama pentingnya bagi ibu dan bayi," demikian kesimpulan studi Universitas Yale seperti dikutip dari Mail Online.

Pada penelitian lainnya, kudapan cokelat sebanyak dua porsi seminggu juga mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 70 persen. Studi tahun 2008 oleh tim Universitas Georgetown di Washington DC menemukan, bahan kimia dalam cokelat mampu menghentikan sel kanker usus. (pet)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok sejumlah preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada bela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024