Keajaiban Bir (II)

Minuman alkohol/Ilustrasi.
Sumber :
  • blog.collegebars.net

VIVAnews - Bir memiliki sejuta manfaat. Dengan takaran dan pilihan jenis yang tepat, minuman beralkohol ini berperan menguatkan tulang, melangsingkan tubuh, juga menyehatkan jantung.

Bir tak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Minuman yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati ini ternyata juga menjadi bahan penting untuk merawat kecantikan dan pendukung kehidupan lainnya.

Laman Listverse memaparkan 10 manfaat bir bagi kehidupan manusia. Apa saja yang bisa dilakukan dengan minuman memabukkan itu? Berikut lima di antaranya.

6. Menghalau lebah
Lebah sangat menyukai aroma bir. Kondisi inilah yang kemudian dijadikan trik untuk menghalau lebah yang berkerumun dalam suatu pesta. Letakkan kaleng bir yang terbuka agak jauh dari tamu pesta. Biarkan lebah mengerumuni kaleng bir, dan tamu akan terbebas dari gangguan lebah.
 
7. Bahan sampo
Sampo berbahan bir bermanfaat untuk merawat keindahan rambut. Caranya, campur sekaleng bir dengan telur. Lalu, gunakan untuk keramas seperti menggunakan sampo pada umumnya. Keramas dengan sampo alami ini akan membuat rambut berkilau dan lembut. Tapi ingat, jangan terlalu sering. Cukup sebulan sekali. Bir juga bisa digunakan sebagai conditioner usai keramas.

8. Mengembangkan adonan kue
Kandungan ragi membuat bir bisa digunakan sebagai pengembang adonan kue menggantikan baking powder. Cukup tuang sedikit bir ke dalam adonan tepung.

9. Bumbu Ayam Barbeque
Bir bisa diandalkan untuk menciptakan olahan ayam barbeque. Balurkan bir ke badan ayam utuh yang siap diolah, juga ke bagian dalamnya dengan menuang melalui leher yang telah dipotong. Tambahkan pula baluran sedikit minyak zaitun, garam dan merica. Saat dipanaskan, bir akan membuat daging ayam terasa lebih empuk dan lembut. 

10. Pengusir hama
Bir bisa digunakan sebagai pestisida alami pengusir hama tanaman di kebun. Letakkan piring kecil di tanah. Aroma alkohol dalam bir secara otomatis akan menarik hama ke dalamnya hingga mati. Tapi, perlu mengganti bir yang baru setiap hari agar aroma pengikat hama tetap kuat.

Penasaran dengan lima keajaiban bir lainnya, klik di sini.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Baca juga: Keajaiban Makanan untuk Tubuh

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024