Perlukah Terbuka Soal Gaji dengan Pasangan

Finansial Pasangan
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Seberapa jauh Anda mengetahui rahasia 'terdalam' pasangan? Mungkin Anda tahu, siapa saja mantan kekasihnya, makanan kesukaannya, obsesi masa kecilnya, tim sepakbola favoritnya, atau di mana ia biasa menaruh kunci mobil atau dompet. Tapi, tahukah Anda berapa jumlah seluruh penghasilannya setiap bulan?

Menurut Ruth Hayden, pengarang buku For Richer, Not Poorer: The Money Book for Couples, masing-masing suami-istri memang memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangan keluarga.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Tapi, idealnya, suami-istri seharusnya terbuka dalam hal keuangan. Di antaranya tentang berapa pendapatannya sebulan, apakah ada pemasukan lain di luar gaji yang diterima tiap bulan, dan ke mana  saja larinya uang tersebut.

Anehnya, banyak istri yang tidak begitu ingin tahu berapa tepatnya jumlah penghasilan suami. Bagi mereka, yang penting ada uang bersama untuk mencukupi segala kebutuhan rumah tangga. Mungkin, para istri ini takut dianggap terlalu pencuriga terhadap suami, atau dianggap tidak memercayai pasangan hidupnya.

Padahal, sebaiknya masalah keuangan keluarga ini sudah dibicarakan semenjak awal perkawinan, terlebih bila Anda dan suami sama-sama bekerja. Malah, lebih baik lagi jika dibicarakan sebelum melangkah ke pernikahan. Hal ini untuk menghindari terjanya konflik masalah keuangan di tengah perkawinan. Kesimpulannya, Anda perlu tahu jumlah gaji suami, begitu pula sebaliknya.

Karena itu, ajaklah suami untuk merundingkan masalah finansial. Antara lain mengenai tipe pengelolaan keuangan rumah tangga, apakah gaji Anda dan suami digabung bersama, apakah kontribusi masing-masing dihitung berdasarkan persentase gaji atau berdasarkan pembagian tanggung jawab. Misalnya, suami mengeluarkan biaya untuk urusan yang ‘berat’, seperti membayar cicilan mobil, kredit rumah, asuransi, uang sekolah anak, sementara Anda membiayai kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Bicarakan pula mengenai tabungan, investasi, serta rencana keuangan di masa depan. Tak ada salahnya pula mengorek masa lalu cara orang tua suami Anda dulu mengatur keuangan mereka. Hal ini bisa saja menjadi petunjuk untuk mengetahui pandangan suami mengenai pembagian keuangan keluarga.

Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024