Mengapa Orang Stres Rentan Terserang Jantung

Wanita tutup kuping.
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Mengalami stres dan depresi berkepanjangan dapat memicu penyakit jantung. Menurut dokter spesialis jantung dari Rumah Sakit Harapan Kita, dr Santoso Karo Karo, Sp.JP, MPH, stres memiliki hubungan erat dengan penyakit jantung.

Orang yang kerap alami stres, dua kali lipat lebih berisiko terkena serangan jantung. Maka itu, jangan sepelekan stres yang sering dialami.

“Berdasarkan penelitian Friedman and Roseman, orang dengan tipe A, yaitu orang yang cenderung memiliki sifat kompetitif, tidak sabaran, agresif, dan mudah marah cenderung untuk lebih mudah mengalami stres,” kata dr Santoso saat ditemui di Kantor Yayasan Jantung Indonesia, Menteng, Jakarta.

Tak hanya itu, pola hidup dan kerja yang penuh stres karena manajemen waktu buruk, juga dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Kondisi ini bisa menyebabkan sesak di dada atau angina pektoris. Hal ini juga dapat meningkatkan tekanan darah yang mengakibatkan cedera pada dinding arteri dan pembentukan bekuan dalam pembuluh darah.

Pada beberapa penelitian terakhir, ditemukan adanya hubungan antara stres dan perubahan dalam kadar kolesterol total. Kondisi ini secara nyata menunjukkan peningkatan pesat dalam kadar lemak darah. Stres juga meningkatkan produksi molekul inflamasi yang juga bisa berujung pada penyumbatan pembuluh darah.

Meski tidak bisa dihindari, namun stres bisa dikelola sehingga tidak berakibat buruk. Anda mengurangi stres dengan memiliki hobi. Cara ini bisa mengubah kebiasaan terburu-buru dan mudah marah yang merupakan 'cikal bakal' dari stres.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 
Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024