Agar Anak Tahan Puasa Sehari Penuh

Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Menjalankan puasa dirasakan sangat berat bagi anak-anak. Orangtua perlu memastikan anak-anak tetap sehat dan bugar selama sebulan penuh. Caranya dengan menjaga diet seimbang bagi sang buah hati.

Dengan harapan anak dapat bertahan saat puasa, tak jarang orangtua memberi makan sebanyak mungkin pada anak saat berbuka dan sahur.

Padahal, menurut Kepala Divsi Nutrisi dan Diet Universitas Kedokteran Profesor Fatimah Arshad, menjejali anak terlalu banyak makanan malah berakibat buruk. "Jangan biarkan anak makan terlalu banyak, Namun penting menjaga agar anak makan diet bergizi baik dan terhidrasi selama periode puasa," katanya seperti dikutip dari News Strait Times.

Segelas susu hangat dengan beberapa kudapan manis seperti kurma adalah menu berbuka puasa yang baik. Kemudian, dilanjutkan dengan makan nasi atau roti dengan lauk pauk, dua porsi sayuran, buah dan penutup selang 30 menit hingga satu jam.

Fatimah mengingatkan agar orangtua tidak memanjakan anak dengan makanan manis terlalu banyak. "Hindari makanan manis karena cenderung membuat haus. Pastikan anak-anak minum banyak air sehingga mereka dapat berpuasa sepanjang hari, "katanya.

Untuk menu sahur, menurut Fatimah sama halnya dengan sarapan lebih pagi. Bagi anak, dianjurkan untuk memulai sahur dengan sereal diikuti susu dan makanan lain untuk melengkapi diet. Hindari makanan kaya lemak saat sahur karena anak akan cepat haus dan mengantuk.

Selama berpuasa, buatkan jadwal makan rutin sebanyak tiga kali, yakni saat berbuka, sebelum tidur dan sahur. Supaya anak tetap bugar dan bisa beraktivitas meski dalam keadaan berpuasa, orangtua hendaknya memperhatikan jenis kegiatan anak-anak mereka. Di siang hari, hindari berada di terik matahari dan usahakan agar anak tidur siang.

"Buat mereka sibuk dengan aktivitas sepanjang hari. Dan tidak apa-apa mereka merasa kelaparan selama satu-dua jam terakhir agar memiliki nafsu makan saat berbuka. Puasa juga bisa membentuk dan mempertahankan gaya hidup sehat."

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Baca juga: Mengapa Jangan Minum Teh Saat Sahur

Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024