Serunya Tradisi 'Halloween' di Ramadan

Garangaou
Sumber :
  • www.flickr.com

VIVAnews - Pertengahan Ramadan adalah waktu yang paling dinantikan anak-anak di seluruh penjuru Qatar. Berpakaian indah dan berwarna-warni, anak-anak akan menjalankan tradisi unik Garangaou setiap pertengahan Ramadan.

Sebelum berkeliling ke rumah-rumah, anak-anak berusia dibawah 12 tahun tampil dengan dandanan paling istimewa. Dengan berselempang tas sulaman, anak laki-laki terlihat gagah dalam balutan baju tradisional berkancing putih, berompi sulam warna emas dan merah dengan arabesque yang rumit.  

Anak-anak perempuan mengenakan baju terusan tradisional disdaashas panjang motif bunga, hiasan bukhnigs dengan hiasan jilbab hitam transaparan dengan benang emas. Sementara tangan-tangan mungil mereka dihiasi gelang dan cincin emas.

Lepas waktu Maghrib, rombongan kecil bocah-bocah siap beraksi. Mereka berjalan berkeliling lingkungan dan bernyanyi lagu tradisional Garangaou setiap malam 13, 14, dan 15 Ramadan sambil mengetuk pintu rumah sejumlah penduduk.

"Garangaou gargaa'ou,
Berilah kami dan Allah akan memberimu,
Rezeki berangkat ke Mekkah,
Oh ibu rantai emas dan cincin Noura,
Beri kami permen,
Beri kami dari kekayaan Allah, pesuruh Allah akan menyapa Anda ... "


"Beri kami, berilah kami,
Beri kami dan Allah akan memberimu,
Dia akan membawamu menuju Mekah"


Dan, yang paling dinanti-nanti saat pemilik rumah memberi hadiah 'halaawa' bagi para cilik yang datang dengan nyanyian Garangau: Sekeranjang penuh permen, manisan, kacang-kacangan, serta lollipop. Masing-masing anak mendapat bagian mengisi tas mereka dengan aneka makanan.
 
Perayaan tahunan anak-anak Qatar yang mengingatkan pada tradisi Trick and Treating saat Hallowen telah ada di Qatar sejak periode Abbasiyah. Asal kata 'Garangaou' atau "Gargee'aan" berasal dari kata Teluk 'Gara', atau suara mengetuk bersama-sama di pintu gerbang.

Meski kini pelaksanaannya harus dalam pengawasan orang lebih tua karena alasan keamanan, Garangaou tetaplah tradisi yang menggambarkan sukacita dan kegembiraan masa kanak-kanak menyambut Ramadan, seperti dikutip dari Qatar Visitor.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024