Manjakan Diri dengan Spa Timur Tengah

Sumber :
  • oddee.com

VIVAnews - Bulan Ramadan merupakan waktu untuk beribadah dan mencari pahala sebanyak-banyaknya. Tetapi bukan berarti Anda tak dapat memanjakan diri dan merawat tubuh selama Ramadan. Sejak dahulu, tradisi Timur Tengah menawarkan perawatan untuk mengembalikan kecantikan dan kesegaran.

Pembersihan dan ritual mandi di air panas beraroma yang telah ada sejak zaman Mesir dan kekaisaran Romawi bisa mengembalikan indra yang lelah. Bahkan Cleopatra, menikmati mandi susu dan madu untuk meremajakan kulit dan mempertahankan kecantikannya.
 
Dimuat dalam laman Emirates 24|7, Ada beberapa jenis spa tradisi Arab klasik yang meremajakan kecantikan dan bisa mengisi ulang indra selama Ramadan.

Hammam
Jenis spa yang paling populer di Timur Tengah adalah Hammam atau pemandian umum. Spa ini disebut cara ideal mengembalikan ketenangan pikiran, jiwa dan raga seseorang.

Spa yang dilakukan di kamar mandi komunal dikenal sejak era kekaisaran Romawi pada tahun 600 Masehi. Hammam makin populer di Turki dengan ruang uap raksasa dimana orang berendam untuk membersihkan tubuh.
 
Hammam dipercaya membersihkan tubuh dari racun, meningkatkan energi yang akan digunakan untuk beribadah serta menekankan kebersihan yang dijunjung tinggi dalam Islam. Biasanya, sesi mandi hammam akan diikuti dengan minuman rempah-rempah dan Sheesa. Hammam meluas di negara kawasan teluk hingga ke Iran, Yordania, Mesir, Maroko dan UAE.
 
Rasul
Ritual pembersihan Timur Tengah kuno dengan mengombinasikan lima elemen untuk meremajakan tubuh, termasuk membersihkan sistem pernafasan, detoksifikasi tubuh, memperlancar aliran darah di kulit, dan memperbaiki sistem dan pengisian tubuh.
 
Meski asalnya tak diketahui pasti, rasul telah dikenal di Maroko, Turki, Mesir dan kaisar Mughal dari India selama berabad-abad. Biasanya, Rasul adalah ritual berendam bersama keluarga atau teman maksimal empat orang di bawah naungan ribuan cahaya lilin yang menenangkan di ruangan beruap.

Lalu, ada tiga chakra berwarna lumpur untuk detoksifikasi, yakni lumpur putih untuk wajah, lumpur merah untuk bagian depan tubuh dan lumpur hitam untuk belakang. Perawatan biasanya selama 90 menit.
 
Perawatan Kulit Laut Mati
Kosmetik laut mati kenal untuk menyembuhkan penyakit kulit dan perawatan. Terletak di Yordania, Laut Mati telah menjadi daya tarik wisata yang populer di seluruh dunia. Cleopatra kabarnya menikmati air mineral laut mati dan menggunakan lumpur dan garam laut mati untuk kecantikannya.
 
Studi klinis selama beberapa dekade terakhir telah menunjukkan hubungan langsung antara mineral Laut Mati dan kemampuan meringankan psoriasis, jerawat, eksim dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada manusia. Laut mati yang merupakan bagian terendah di dunia memungkinkan bahan-bahannya didalamnya bersifat teraupetik.
 
Mandi susu
Cleopatra dikenal karena memiliki kulit berseri-seri dengan mandi susu dan madu. Seringkali sang ratu menyertakan stroberi dan raspberry untuk melengkapi aroma air mandi.

Studi mengukuhkan bahwa mandi susu adalah cara ideal merilekskan tubuh dan membersihkan kulit. Asam laktat susu melarutkan sel-sel kulit mati bersama-sama, sehingga halus dan lembab. mandi susu dengan minyak esensial dan aroma bunga melati terbukti ampuh mengurangi stres. (sj)

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat
Ilustrasi pembuatan masker beras.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Dalam dunia perawatan kulit yang terus berkembang, masker beras alami untuk wajah semakin menjadi favorit bagi banyak orang yang ingin menjaga kecantikan kulit mereka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024