Apa Boleh Ciuman Saat Puasa?

Nafsu Syahwat.
Sumber :
  • doc Corbis

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya, apakah ciuman saat menjalankan ibadah puasa diperbolehkan atau tidak? Bukankah ciuman juga bisa membahagiakan orang pasangan kita.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Mutia - Jakarta

Jawaban:

Saudaraku Mutia yang dirahmati Allah, berciuman ketika puasa di siang hari bulan Ramadan sama hukumnya dengan berkumur-kumur di siang hari bulan ramadhan.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Bila ciuman tersebut tidak akan memberi reaksi apa-apa terhadap syahwatnya maka hukumnya boleh, sebagaimana dalam Hadits Riwayat Muslim bahwa Rasulullah salallahu alaihi wasallam telah mencium istri Beliau di siang hari Ramadan.

Tetapi bila ciumannya akan memancing syahwat salah seorang di antara mereka berdua yang mengakibatkan keluarnya cairan berupa mazi atau mani maka hukumnya makruh (sebaiknya tinggalkan) sebagaimana larangan Rasulullah terhadap pertanyaan anak muda yang telah mencium istrinya ketika puasa, dan alasan kebolehan mencium bagi seorang tua yang datang bertanya tentang pertanyaan yang sama.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Diasuh oleh Dompet Dhuafa

Diler Mitsubishi Fuso di Morowali, Sulawesi Tengah.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, pada Jumat kemarin meresmikan diler 3S (Sales, Service, Spare P

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024