Serunya Bertukar Menu Buka Puasa di Sudan

Menu pesta bayram
Sumber :
  • en.momondo.com

VIVAnews - Bulan suci Ramadan di tiap negara memang memiliki keunikan tersendiri. Di Sudan, ada tradisi khas yang berlangsung selama sebulan penuh, yakni berbagi makanan saat buka puasa.

Warga muslim di sana sampai saat ini masih melestarikan tradisi berbuka puasa bersama di alun-alun atau bagian luar rumah seperti halaman. Di sana, mereka berbagi makanan dengan kenalan, tetangga, juga orang tidak mampu.

"Ini adalah salah satu hal baik dari Ramadan. Warga Sudan membentuk kelompok untuk berbuka puasa di luar rumah. Ini adalah tradisi sosial dan kita telah mewarisinya dari nenek moyang. Cara ini menunjukkan solidaritas, persatuan dan kemurahan hati masyarakat," kata Imad-Eddin Ahmed Babikir, warga Sudan yang tinggal di Khoujalan, seperti dikutip dari Xinhua.

Dalam kelompok tersebut, tiap orang membawa makanan dan minuman mereka sendiri ke lapangan atau alun-alun di dekat masjid atau pusat kota. Mereka lalu mengundang orang yang lewat dan orang miskin untuk bergabung dan berbagi makanan.

Kelompok-kelompok tersebar di pinggiran kota Sudan, Khartoum, dan di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Ibu Kota dengan negara-negara tetangga.

Tepat sebelum berbuka puasa, orang-orang muda akan membersihkan alun-laun dan mempersiapkannya untuk berbuka puasa bersama. Mereka bersemangat menyambut kebersamaan buka puasa lewat tradisi saling berbagi dan bertukar menu. "Kami menunggu Ramadan tiap tahunnya untuk melangsungkan tradisi ini yang telah diturunkan oleh buyut-buyut kami," kata Imad-Eddin.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda
VIVA Otomotif: Honda Brio Satya di IIMS 2023

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Mobil itu mengungguli pesaing terdekatnya, Honda Brio Satya dan RS, yang terjual sebanyak 9.998 unit.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024