« Kembali
Agar Kaki Tak Stres
Banyak orang tak menyadari aktivitas sehari-hari bisa membuat kaki stres.
Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
Rabu, 8 September 2010, 11:56 WIB
Kaki (Corbis)
Kaki (Corbis)

VIVAnews - Tanpa sadar, orang mempekerjakan kaki selama berjam-jam dalam setiap aktivitas hariannya. Mulai dari berjalan, berdiri, duduk bersilang kaki, hingga olahraga. Belum lagi ketika mereka mengenakan alas high heels. Kaki pun bisa stres.

Dr Deepa Dhavjekar, General Manager Thailand Privilege Spa di Umm Suqeim, Dubai, mengatakan, segala aktivitas yang melibatkan kaki secara terus-menerus bisa menimbulkan tekanan dan ketegangan.

Banyak orang tak menyadari kondisi tersebut sehingga jarang yang peduli dengan perawatan atau relaksasi kaki. "Layaknya wajah, kaki juga perlu perawatan rutin. Itu juga membantu mencegah masalah kesehatan jangka panjang," kata Deepa.

Seperti dikutip dari laman Gulf News, Deepa membagi beberapa trik perawatan kaki agar tidak stres.

Terapi parafin

Salah satu perawatan kaki paling populer adalah parafin pedikur. Perawatan ini menggunakan lilin hangat berbahan dasar minyak untuk melunakkan kulit kasar dan keras, merangsang aliran darah, dan memperkuat kuku.

Konsep pedikur parafin sama seperti pedikur normal. Langkah awal, kaki dicelup ke dalam lilin, kemudian dibungkus plastik dan ditutupi oleh handuk agar tetap hangat. Biarkan lilin menempel pada kaki selama 15 menit. "Setelah bersih, baru diikuti aplikasi kuku warna, "kata Tina Ghafurian, General Manager Tips & Toes, Dubai.

Podiatri pedikur

Perawatan kecantikan ini cukup populer di Prancis. Terdiri dari tiga langkah pendekatan yakni, kesehatan, estetika dan kesejahteraan. Metode perawatan menggunakan teknik medis, terapi pijat dan gerakan, serta alat-alat praktis seperti file kaca, bor kecil, gunting dan alat buffing.

"Kaki adalah dasar dari seluruh tubuh. Ada sebuah sistem biomekanik penting yang memungkinkan kaki membuat langkah-langkah dan memungkinkan manusia untuk berjalan. Kaki biasanya tidak diperhatikan, dan baru dirawat ketika ada keluhan, "kata Isabelle Vrillac dari Bastien Gonzalez di Paris.

Refleksi

Terapi ini tidak hanya baik bagi kaki lelah dan usang, itu juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Tekanan syaraf yang tepat pada telapak kaki bisa mengatasi keluhan dalam organ utama tubuh, juga memperlancar sirkulasi darah.

Memanjakan kaki dengan refleksi dikombinasikan dengan pijatan relaks bisa mengurangi stres dan ketegangan, mengaktifkan drainase getah bening, membantu mereduksi racun tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menenangkan pikiran.

Rendam kaki

Untuk perawatan harian, biasakan mencuci kaki sesering mungkin dan melembabkannya. Dan, pastikan kaki kering setelahnya untuk memastikan tak ada jamur tumbuh. Merendam kaki dalam air hangat seminggu sekali selama 15 menit juga akan membantu melembutkan kulit keras pada tumit. Caranya:

- Tempatkan irisan lemon dalam semangkuk air hangat, gunakan untuk merendam kaki selama sepuluh menit
- Lakukan eksfoliasi dengan menggosok kaki
- Pijat dengan kualitas pelembab atau krim kaki yang baik
- Bilas secara menyeluruh dan tepuk kering dengan handuk
- Potong kuku dengan menggunakan gunting kuku

(adi)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id