Sosialisasi Bikin Panjang Umur

Arisan di Segarra Berteman Wine
Sumber :
  • VIVAnews/Solana

VIVAnews - Teman-teman di sekeliling Anda ternyata bisa membuat umur lebih panjang. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi teman dan saudara kemungkinannya meninggal lebih cepat berkurang 50 persen dibandingkan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial.

Orang-orang yang memiliki kehidupan sosial yang cukup aktif rata-rata hidup 3,7 tahun lebih lama. Para peneliti mengungkap efek dari memiliki teman dibandingkan dengan berhenti merokok. Merasa sendirian dengan sedikit dukungan sosial meningkatkan risiko kematian, seperti kecanduan alkohol atau obesitas.

Peneliti menganalisis data dari 148 penelitian selama tiga dekade yang melibatkan 300.000 orang.

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1

"Teman dan orang-orang yang mendukung dapat membuat hidup menjadi lebih terasa mudah. Mereka bisa meminjamkan uang, membantu mengurus bayi atau memberikan perhatian kecil yang membuat Anda merasa diperhatikan," kata  Bert Uchino, salah satu peneliti dari Brigham Young University, Amerika Serikat, seperti dikutip dari Daily Mail.

Ia menambahkan dukungan emosi yang didaptkan dari teman dan orang tercinta dapat membantu mengurangi beban masalah. Hal ini sangat penting agar tidak memicu stres atau depresi berat yang bisa menjadi penyakit dan memicu kematian lebih cepat.

Penelitian yang dilakukan tim dari Brigham Young University dan University of North Carolina (UCLA) menunjukkan ada hubungan antara kematian dan kesepian baik pada wanita maupun pria di segala usia.

"Seseorang yang mendapat dukungan dan hubungan sosial yang positif, tekanan darah, gula darah, metabolisme dan stres hormonnya lebih stabil," kata Teresa Ellen Seeman, profesor medis dari UCLA School of Public Health.(ywn)

Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024