Bekas Jerawat Lenyap Berkat Cangkok Kulit

Noda jerawat
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Jerawat di wajah seringkali menjadi masalah serius bagi perempuan. Infeksi pada permukaan kulit itu bahkan bisa membuat perempuan stres dan kehilangan percaya diri. Apalagi ketika berbagai produk antijerawat tak kunjung menyembuhkan.

Masalah tak berhenti sampai di situ. Setelah jerawat hilang, persoalan menghilangkan bekasnya pun menggelayut. Mereka yang tak sabar dengan proses pemulihan alami pun nekat mencoba teknis kecantikan cangkok wajah untuk memuluskan kulit.

Seperti dikutip dari laman Gulf News, metode terbaru untuk menghilangkan bekas jerawat ini mengisi cekungan bekas luka jerawat dengan jaringan kulit yang diambil dari belakang telinga pasien.

"Ini bisa menjadi alternatif menggantikan laser yang hanya dapat merangsang produksi kolagen," kata Dermatolog, Dr Puneet Gupta. "Luka cekung bekas jerawat ini biasanya sulit diatasi hanya dengan laser."

Dr Gupta telah melakukan uji coba terhadap Natalie Simonson, 33, yang memiliki empat luka cekung akibat jerawat di wajahnya. Bahkan, satu di antaranya sedalam 4,4 milimeter. "Cangkokan kulit adalah satu-satunya alternatif,” kata Dr Gupta.

Mengapa jaringan kulit telinga yang dipilih untuk menambal luka cekung bekas jerawat? "Kami harus menggunakan jaringan yang sama di sekitar wajah, karena kulit tubuh cenderung lebih ketat dan akan meninggalkan kesan tak alami.

Simonson menambahkan, "Bukan hanya jaringan parut yang berubah menjadi kulit mulus, tetapi jerawat saya juga hilang, sehingga saya bisa berjalan dengan kepala tegak,” katanya. “Saya merasa berubah.”

Taktik Netanyahu Gusur Warga Palestina, Israel Bakal Bangun 10 Ribu Tenda di Rafah
Sosok Serda Maria Jacoba Samuel

Sosok Maria Samuel, 'Noni Belanda' yang Bangga Jadi Prajurit TNI AD

Anggota Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) Serda Maria Jacoba Samuel sempat mencuri perhatian publik lantaran memiliki darah keturunan Belanda dan paras yang cantik.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024