Jurus Bebas Jerawat Si Kulit Kering

Noda jerawat
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Jerawat bisa terjadi pada jenis kulit apapun. Bukan hanya pada kulit berminyak, jerawat juga bisa menyerang kulit kering. Bahkan pada kulit yang sehat.

Jika kulit Anda termasuk kulit kering dan berjerawat segera lakukan perawatan agar tidak semakin parah. Perawatannya tentu berbeda pada jerawat yang tejadi di kulit berminyak.

Berikut empat langkah perawatan kulit kering berjerawat, seperti dikutip dari Divine Caroline.

1. Perbanyak minum air putih
Agar kulit Anda tidak semakin kering, perbanyaklah minum air putih. Jangan batasi hanya delapan, karena lebih banyak lebih baik. Manfaat yang paling penting dari air untuk kulit Anda adalah menjaganya agar tetap lembab.

Air akan membantu mengurangi kekeringan, yang berpengaruh untuk menyembuhkan jerawat secara cepat dan efektif. Air juga akan akan mengeluarkan racun dalam tubuh yang memicu timbulnya jerawat.

2. Gunakan pembersih yang sesuai jenis kulit
Anda bukan hanya harus selalu menjaga kebersihan kulit. Pastikan juga pembersih yang digunakan cocok untuk jenis kulit kering. Jangan sampai pembersih justru membuat kulit semakin kering.

Jangan pilih pembersih yang membuat kulit terasa kesat. Pilih pembersih yang terbuat dari bahan alami dan kandungan bahan kimianya sedikit. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan residu. Ini efektif membantu menghambat perkembangan jerawat.

3. Tetap gunakan pelembab
Yang perlu dihindari adalah menggunakan terlalu banyak pelembab pada kulit kering, karena justru bisa memicu jerawat. Gunakanlah secara normal, tidak berlebihan.

Pelembab bukan hanya berfungsi membuat kulit tetap segar, tapi juga memberi lapisan pelindung terhadap kotoran dan racun yang berdampak negatif kulit. Sebaiknya, gunakan pelembab yang berbentuk gel, bukan lotion atau krim. Pastikan bahwa Anda akan menggunakan pelembab yang tidak menyumbat pori-pori kulit.

4. Hindari bahan kimia
keras
Meskipun Anda panik karena jerawat, jangan langsung menggunakan obat jerawat berbahan kimia keras. Bahan tersebut justru bisa merusak kulit jika tidak cocok. Banyak pilihan obat jerawat yang berbahan dasar alami. Jadi, pintar-pintarlah memilih obat jerawat.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea
Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024