Benarkah Umur Pria Lebih Pendek dari Wanita

Pria berperut buncit
Sumber :

VIVAnews - Menjalani gaya hidup sehat bisa membuat umur lebih panjang. Hanya, berbeda dari pria, wanita cenderung lebih memperhatikan pola hidup, sehingga wanita lebih bisa merasakan kesehatan jangka panjang dari pria.

Tak mengherankan, jika banyak pria meninggal lebih cepat daripada wanita akibat gaya hidup tidak sehat, seperti dikutip dari laman Sun. Hal senada juga diperkuat dengan hasil data statistik yang dilansir Pemerintah Rusia.

Data tersebut menyebutkan setiap tahun 23 ribu orang tewas akibat keracunan alkohol. Lebih 75 ribu terkena penyakit yang dipicu efek buruk alkohol. Tak berlebihan jika kemudian candu alkohol dituding sebagai penyebab berkurangnya harapan hidup orang Rusia, terutama pria, yang hanya mencapai 56 tahun.

Selain gaya hidup, ada faktor lain mengapa kesehatan wanita cenderung lebih baik ketimbang pria. Faktor-faktor tersebut antara lain, genetika, lingkungan, emosi, hormon, dan sikap hadapi risiko.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Ada lagi alasan logis, wanita  bisa berumur lebih panjang dibandingkan pria, antara lain:

Depresi
Pria cenderung mengalami depresi, dan lebih mungkin untuk melakukan bunuh diri. Para pakar kesehatan mengungkapkan, hal itu karena wanita cenderung mencari bantuan ketika mereka merasa sedih atau stres.

Kanker
Hampir 40 persen pria lebih mungkin meninggal dunia akibat kanker. Hal ini mungkin disebabkan oleh keengganan pria untuk melakukan check up kesehatan rutin ke dokter, sehingga masalah kanker diketahui terlambat, dan sudah berada pada stadium lanjut.

Obesitas
Terjadi peningkatan lebih besar dalam jumlah orang obesitas pada pria dibanding wanita selama sepuluh tahun terakhir. Pria lebih cenderung mengalami peningkatan berat badan berlebihan, apalagi setelah menikah.

Harapan hidup
Sebuah penelitian mengungkapkan, karena gaya hidup dan faktor kesehatan lainnya, usia wanita lebih panjang empat tahun dari pria. Penelitian tersebut juga menyatakan, seorang bayi laki-laki lahir bisa berharap untuk hidup 77,4 tahun, sedangkan harapan hidup bayi perempuan hingga 81,6 tahun.

Penelitian mengatakan, hal itukarena pria mengambil lebih banyak risiko dan mengabaikan masalah kesehatan.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024