Tombol Lift 40 Kali Lebih Kotor dari Toilet

Kloset duduk
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Bagi Anda yang berkantor di gedung bertingkat, berapa kali menekan tombol di lift dalam sehari? Selama ini mungkin Anda tak sadar bahwa tombol-tombol itu menyimpan sejuta bakteri penyebab sakit.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, penelitian Universitas Arizona, Amerika Serikat, mengungkap, tombol-tombol lift umum berpotensi menyimpan bakteri 40 kali lebih banyak dibandingkan dengan bakteri di toilet umum.

Penelitian ini melakukan uji sampel kuman yang menempel di sejumlah restoran, hotel, bank, perkantoran, dan bandara. Uji sampel memperlihatkan 313 koloni bakteri di setiap satu sentimeter persegi permukaan tombol lift. Sementara di permukaan kloset duduk hanya sekitar delapan koloni pada luas yang sama.

Uji sampel yang melibatkan lembaga penelitian kuman Microban Europe itu juga berhasil mengidentifikasi sejumlah bakteri, di antaranya Escherichia Coli (E Coli). Bakteri yang ditemukan Theodor Escherich ini biasanya hidup pada tinja, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, seperti diare, muntaber dan masalah pencernaan lainnya.

Dr Nicholas Moon yang terlibat dalam penelitian mengatakan, potensi bakteri jahat yang menempel di tombol lift tetap tinggi meski dibersihkan secara reguler. "Apalagi di gedung yang cukup ramai, dalam satu menit bisa disentuh puluhan orang yang kita tak tahu kebersihan jarinya," katanya.

Atas hasil penelitian itu, Profesor Hugh Pennington, salah satu ahli mikrobiologi Inggris, meminta masyarakat tak terlalu berlebihan meresponsnya. Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap kebersihan tangan. "Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah untuk mencuci tangan sebelum makan atau memegang makanan."

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa meja kantor berpotensi menyembunyikan bakteri 400 kali lebih banyak daripada permukaan kloset duduk. Sedangkan keyboard komputer empat kali lebih banyak daripada bakteri di toilet.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba

Baca juga: Awas Tertular Kanker Serviks di Kloset Duduk

Bakal capres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama ketum PKB Cak Imin di Jombang.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menanggapi rencana pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketum PKB yang juga cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024