Atasi Kulit Kering di Kepala

Rambut Terawat
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Rambut indah berawal dari kulit kepala yang sehat: tidak terlalu berminyak, bersih, dan tidak terlalu kering.

Kulit kepala yang berminyak dan kotor tak hanya membuat rambut terlihat lepek, tapi juga berpotensi memicu ketombe. Sementara kulit kepala terlalu kering bisa memicu rasa gatal, bersisik, rambut pun terlihat kusam.

Jika Anda sering merasa gatal pada kulit kepala tetapi tidak terasa berminyak, bisa jadi kulit kepala dalam keadaan yang sangat kering. Jangan biarkan kondisi ini terlalu waktu lama. Atasi masalah itu dengan cara berikut.

Sampo yang tepat

Pastikan bukan sampo Anda yang membuat kulit kepala menjadi kering. Hindari menggunakan sampo mengandung banyak detergen. Bukan hanya membuat rambut menjadi kering tetapi juga kulit kepala. Gunakan sampo mengandung zat penyeimbang pH.

Minyak zaitun
Pijatlah kulit kepala dengan minyak zaitun yang telah dihangatkan. Setelah dipijat dengan minyak zaitun, diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan sampo.

Cuka apel
Ini juga bisa mengatasi kulit kepala yang kering. Bersihkan rambut dengan air dingin, kemudian tempelkan cuka apel di kulit kepala menggunakan kapas. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian bersihkan rambut dengan air dingin.

Asam lemak omega 3
Kondisi kulit kepala juga tergantung dari apa yang Anda konsumsi. Perbanyak konsumsi asam lemak omega 3, yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi ikan laut, avokad, atau suplemen minyak ikan. (pet)

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Baca juga: 7 Seleb Dunia Ini Tetap Seksi di Usia 50

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024