« Kembali
Makanan Pereda Mual Saat Hamil Muda
Agar tetap aktif, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan morning sickness
Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti
Rabu, 20 Oktober 2010, 11:05 WIB
Ibu Hamil (inmagine.com)
Ibu Hamil (inmagine.com)

VIVAnews - Mengalami mual dan muntah bagi wanita yang sedang hamil muda adalah hal wajar dan normal. Biasanya, gejala yang disebut dengan morning sickness ini akan dialami wanita hamil selama trimester pertama.

Namun, meski dinilai wajar dan normal, morning sickness bisa menghambat aktivitas wanita yang mengalaminya. Agar bisa tetap aktif meski sedang hamil muda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala mual dan muntah, seperti dikutip dari laman Shine berikut ini:

Jahe
Bumbu dapur ini adalah obat alami yang umum digunakan untuk mengatasi perut mual. Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe, mengunyah jahe yang telah direndam air panas, atau pil jahe. Namun ada baiknya, Anda meracik sendiri minuman hangat yang diramu dari jahe segar. Hal ini penting, untuk mencegah efek samping yang bisa membahayakan tubuh dan janin.

Vitamin B6
Jika Anda mengalami morning sickness parah, dokter mungkin meresepkan vitamin B6. Tapi, sebenarnya Anda bisa mengatasi keluhan ini dengan makanan yang ada di rumah. Buncis, sereal dan kalkun adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin B6. Atau, konsumsi suplemen vitamin B6 yang diramu dalam bentuk permen yang dirancang untuk mengatasi rasa mual di pagi hari.

Sering makan
Pada beberapa wanita, rasa mual bisa semakin menjadi-jadi saat perut dalam keadaan kosong. Jika mengonsumsi makan besar tiga kali sehari sulit Anda lakukan, mungkin akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan kecil lebih sering. Sediakan selalu sekotak biskuit asin atau manis di manapun Anda berada. Camilan ini bisa membantu meredakan mual.

Makanan pilihan
Makanan tertentu cenderung memperburuk morning sickness. KOndisi ini bisa dipicu dari makanan berlemak atau berminyak. Makanan tinggi karbohidrat tanpa lemak tinggi lebih mudah dicerna, dan tidak akan tinggal di perut Anda selama berjam-jam. Untuk itu, sebaiknya menghindari makanan berlemak dan berminyak selama hamil.

Konsumsi air putih
Tetap terhidrasi sangat penting untuk semua orang, tetapi sangat penting bagi wanita hamil pada khususnya. Ini penting sebagai pengganti cairan tubuh saat Anda sering muntah. Jika tak suka mengonsumsi banyak air putih, jus buah segar bisa menjadi pengganti cairan tubuh Anda dan mampu meredakan rasa mual.

Menghindari pemicu
Setiap wanita memiliki hal-hal tertentu yang dapat memicu morning sickness. Mungkin parfum, memasak ayam atau rasa makanan tertentu. Jangan membiarkan diri Anda menderita karena hal ini. Usahakan menghindari hal-hal yang bisa mendatangkan mual.

• VIVAlife   |   Share :  
  • marlina pratiwi
    30/10/2010
       Laporkan
    sebenernya bukan komentar melainkan bertanya apakah setelah sakit types ada kemungkinan seorang ibu kehilangan janinnya???? | via VIVAnews

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id