VIVALIFE

3 Paduan Suara Mahasiswa RI Juara di Eropa

Dalam kompetisi di Ceko, mereka bersaing dengan 16 paduan suara dari sepuluh negara
Senin, 1 November 2010
Oleh : Renne R.A KawilarangKBRI Ceko
Paduan Suara Mahasiswa dari Indonesia tampil di Praha, Ceko

VIVAnews - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dari tiga universitas asal Indonesia meraih berbagai gelar dalam kompetisi paduan suara ‘Praga Cantat’ 2010 di Praha, Ceko, selama 29-31 Oktober 2010. Mereka bersaing dengan 16 kelompok paduan suara dari sepuluh negara.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha mengungkapkan ketiga PSM berasal dari Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Bina Nusantara Jakarta. Mereka berlomba melantunkan kidung-kidung merdu dengan para peserta dari Bulgaria, Kroasia, Irlandia, Siprus, Hungaria, Jerman, Norwegia, Slovenia, Swiss dan Ceko sebagai tuan rumah.

PSM Universitas Airlangga memenangkan kompetisi pada kategori lagu-lagu folklore sekaligus meraih koreografi terbaik. Tim dari Universitas Padjajaran memenangkan gelar pada kelompok penyanyi wanita dan lagu-lagu sakral, sementara Universitas Bina Nusantara meraih juara pada kelompok campuran pria dan wanita, serta penghargaan khusus untuk ‘interpretation of compulsory songs’ dan ‘selection of composition’.

Universitas Bina Nusantara juga meraih juara umum pada ‘Praga Cantat’ ke-24 tahun 2010. "Saya menyatakan rasa bangga dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh peserta yang telah mengharumkan nama Indonesia di Ceko," kata Duta Besar RI untuk Ceko, Emeria Siregar, yang hadir menyaksikan kompetisi itu.

Dia berharap ajang kompetisi seperti ini dapat menjadi satu cara untuk lebih memperkenalkan Indonesia dan memperluas hubungan antar bangsa.

Sementara itu, pejabat bidang sosial budaya KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, mengungkapkan ketiga PSM juga akan tampil pada acara Konser Bersama 3 Universitas ‘Save Our Heritage’, Senin 1 November 2010, di Museum Alat Musik, Praha. Mereka hari ini membawakan berbagai lagu daerah, lagu Indonesia Pusaka serta lagu Ceko Ma Hvezda.   

Konser bersama dengan Friends of Indonesia dan masyarakat Indonesia itu diselenggarakan di tengah terjadinya berbagai bencana di tanah air, sehingga kian menumbuhkan rasa peduli dan cinta negeri di kalangan generasi muda. Konser ini juga ditujukan untuk meningkatkan hubungan antara masyarakat Indonesia dan Ceko. (adi)

TERKAIT
TERPOPULER