Bisa Senyum, Robby Tumewu Masih Sulit Bicara

Robby Tumewu
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVAnews

VIVAnews - Kondisi Robby Tumewu sudah dinyatakan pulih 60 persen. Saat dilarikan ke Ruang ICU Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, pada 15 Oktober lalu, Robby dalam keadaan tak sadarkan diri. Saat itu, aktor dan perancang busana terkenal ini terserang stroke saat mengisi acara di sebuah stasiun televisi swasta.

"Kala itu, pembuluh darah di otak sebelah kirinya pecah, jadi kami angkat," kata Rubyana, dokter ahli saraf yang merawat Robby di RS Pondok Indah, 2 November 2010.

Untuk memulihkan kondisi Robby, lanjutnya, diperlukan fisioterapi intensif. "Saat ini dia sudah sadar, bisa kontak, tersenyum dan tertawa, tapi masih sulit bicara," ujarnya.

Perkembangan kondisi Robby dinilai ahli saraf tersebut cukup pesat. Meski belum sepenuhnya sempurna, Robby diperkirakan bisa pulang seminggu lagi, jika kondisinya terus membaik.

Namun demikian, Dokter Rubyana menyatakan ada 60 persen kemungkinan komedian itu akan mengalami kelumpuhan.

"Fisioterapi untuk mencegah agar tidak komplikasi. Kami juga akan adakan program speech therapy (terapi bahasa), karena ekspresinya masih pasif dan otak sebelah kirinya masih terganggu," ujar dokter itu. (kd)

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024