Cegah Kanker Secara Alami

Sayur dan buah segar
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Ada kabar baik bagi perokok yang belum bisa menghilangkan kebiasaan buruknya. Asupan buah dan sayuran secara teratur dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru.

Penelitian yang berdasarkan pada riset 700 orang ini menunjukkan, mereka yang menyantap buah dan sayuran memiliki risiko paling rendah terserang penyakit kanker dibandingkan dengan mereka makan sedikit porsi buah dan sayur. Dampak positif sayuran dan buah terbukti pada perokok maupun non-perokok.

Studi lainnya, yang dimuat dalam American Thoracic Society seperti dikutip dari Daily Mail, menemukan, mengonsumsi 1,5 porsi buah atau sesendok makan besar sayuran setiap hari melindungi tubuh dari emfisema dan bronkitis kronis.

Orang yang menyantap seledri secara teratur memiliki 60 persen risiko lebih rendah terserang kanker paru-paru daripada mereka yang makan sedikit. Konsumsi wortel juga mengurangi risiko kanker sebesar 50 persen. Peneliti mengidentifikasi sejumlah senyawa alami dalam buah dan sayuran memberi perlindungan, termasuk alpha-carotene, beta-carotene dan lycopene.

Saat ini, studi EPIC Eropa yang dilakukan oleh para peneliti dari 10 negara pun telah menunjukkan, dalam kasus kanker paru-paru, mengonsumsi buah sangat dianjurkan. Yang penting tidak hanya kuantitas tetapi juga berbagai buah yang dikonsumsi, juga dapat mengurangi risiko.

"Selain dari jumlah yang dikonsumsi, penting juga untuk memperhitungkan varietas. Diet bervariasi mengurangi risiko pengembangan kanker ini, terutama pada perokok," kata María Jose Sanchez Perez, rekan penulis studi dan direktur Cancer Registry Granada di Andalusia School of Public Health seperti dikutip dari Times of India.

Hasil studi ini menunjukkan, menyantap lebih dari delapan jenis, baik sayuran dan buah bisa mengurangi risiko kanker 23 persen dibandingkan dengan makan kurang dari empat jenis. "Jadi, jika perokok meningkatkan konsumsi berbagai buah mereka bisa menurunkan risiko terserang kanker paru-paru," kata peneliti.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Baca juga: Cegah Sepuluh Jenis Kanker

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024