Ida Kusumah: "What Happen, Aya Naon?"

Ida Kusuma
Sumber :
  • ist

VIVAnews - Artis Ida Kusumah, yang mulai menekuni karir sebagai artis sejak tahun 1955, menghembuskan nafas terakhirnya di usia 71 tahun pada Kamis malam lalu saat jeda syuting sinetron Cinta Fitri.

Ida Kusumah dikenal sebagai artis senior yang masih tetap aktif dalam dunia akting walau tak muda lagi. Wanita kelahiran 31 Agustus 1939 ini mengawali karirnya sebagai aktris dengan membintangi film 'Putri Revolusi yang disutradarai Ali Yugo. Dalam film tersebut, Ida beradu akting dengan almarhum Soekarno M Noer.

Sayangnya, kesempatan itu tak lantas membuat nama artis ini melambung di dunia akting. Putus asa dengan karirnya sebagai aktris, ia banting stir ke dunia tarik suara dan model. Ia memilih aktif sebagai peragawati. Pada tahun 1960, ia dinobatkan sebagai Putri Peragawati I dan Ratu Jakarta III.

Setelah menikmati karirnya sebagai penyanyi dan peragawati, pemilik nama Siti Endeh Ida Hendarsih Atmadi Kusumah ini kembali menekuni dunia akting. Ia membintangi film 'Malam Tak Berembun' pada tahun 1961. Ia menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Setelah membintangi film ini, Ida mendapatkan banyak tawaran untuk berakting.

Sampai tahun 2007, tercatat sudah 62 film yang dibintangi artis yang terkenal dengan ucapan 'Si Borokokok' dan 'What Happen Aya Naon' ini. Ida memiliki dedikasi tinggi dengan dunia akting. Ia tetap berkarir di dunia akting tanpa pernah mengeluh bosan.

Justru jika tak syuting, wanita yang tergabung dalam Golden Gilrs Indonesia, bersama Connie Suteja, Rina Hasyim dan Nani Wijaya, ini malah uring-uringan. Dunia akting sudah menyatu dalam hidupnya.

Atas kesetiaannya pada dunia akting, tahun 1996 silam ia mendapatkan Penghargaan Kesetiaan Profesi dari Badan Pertimbangan Perfileman Nasional (BP2N).

Pada tahun 2008, SCTV memberikan penghargaan Life Time Achievement untuk artis tersebut karena dinilai memiliki dedikasi tinggi di bidangnya.

Sedangkan untuk kehidupan pribadinya, Ida tercatat pernah menikah dua kali. Suami pertamanya adalah Tigor Tobing. Dari suami pertamanya itu, artis ini dikaruniai satu orang anak bernama Ellan Satya Tobing. Sedangkan suami kedua adalah Bambang Soekarno.

Selama hidupnya Ida dikenal sebagai artis yang ceria. Ia juga dikenal sangat menjaga penampilan. Menurut Connie Suteja, sahabatnya itu memang senang tampil matching. Ia selalu memadu padankan pakaian, sepatu dan aksesorisnya dengan warna yang senada dengan pakaian yang dikenakannya.

Tak hanya itu, meski sudah tak muda lagi, Ida masih tetap gemar menggunakan sepatu tinggi. Ia mengaku penampilannya tak akan sempurna tanpa sepatu tinggi. "Nggak keren katanya kalau nggak pakai sepatu hak tinggi," kata Connie saat dihubungi VIVAnews.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Pekan ini dia masih sibuk mempersiapkan sejumlah baju, sepatu hak tinggi untuk acara FFI yang akan digelar di Batam. Tapi ditengah syuting sinetron semalam, dia tiba-tiba ambruk. Di bawa ke rumah sakit tapi nyawanya tidak tertolong. What Happen Aya Naon. Selamat jalan. Dia mendidik begitu banyak pesohor muda kita.

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024