VIVALIFE

Potong Rambut Pendek, Siapa Takut?

Berani terima tantangan memangkas rambut panjang jadi superpendek?
Rabu, 29 Desember 2010
Oleh : Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni
ilustrasi rambut pendek

VIVAnews - Bosan dengan rambut panjang? Cobalah mengubah penampilan mengikuti tren gaya rambut pendek ala Emma Watson. Tapi ingat, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memangkas pendek rambut Anda.

Berikut lima hal yang harus Anda tahu sebelum memotong rambut panjang jadi pendek, menurut Philip Pelusi, penata rambut selebriti asal New York, seperti dikutip dari She Knows.

1. Riasan
Saat Anda memiliki rambut pendek, fokus penglihatan orang akan tertuju pada mata dan wajah. Untuk itu Anda tidak boleh malas menggunakan riasan. Jika tidak, wajah Anda terlihat seperti pria dan terlalu tegas. Jadi, dapatkan kesan lembut dengan sedikit blush on warna netral dan eyeliner agar mata terlihat lebih cantik.

2. Penataan setiap hari
Kekurangan memiliki rambut pendek adalah bahwa Anda tidak bisa langsung menarik rambut Anda menjadi ekor kuda jika sedang terburu-buru. Anda memang harus menatanya setiap hari jika ingin terlihat lebih rapi. Tentunya waktu untuk menata rambut jadi sangat singkat. Cukup blow dry dan berikan styling cream dan itu bisa dilakukan hanya dalam waktu lima menit.

3. Bentuk leher, wajah dan bahu
Rambut pendek, akan lebih fokus pada tiga bagian tubuh yaitu wajah leher dan bahu. Untuk mengetahui potongan rambut pendek yang cocok, tarik rambut jadi ekor kuda. Lihat lah di cermin bagaimana bentuk wajah.

Potongan pixie ultra cocok untuk wanita mungil, leher kecil dan wajah oval. Untuk gaya yang paling universal, adalah dengan membiarkan rambut sedikit panjang di bagian atas, sekitar 2-3 inci. Lalu, dengan membuatnya sedikit terangkat dan penuh tekstur. Bagian belakang harus terlihat feminin dan dipotong dekat dengan leher, tetapi tidak terlalu menggembung.

4. Highlight
Harap dicatat, bahwa stylist Anda mungkin menyarankan untuk memberikan highlight setelah memangkas rambut jadi pendek. Ini untuk memberikan dimensi potongan agar terlihat lebih berbeda. Jika Anda memang tertarik pilih highlight yang satu atau dua warna lebih terang dari rambut asli.

5. Ke salon teratur
Untuk tetap mempertahankan potongan rambut pendek terlihat rapi, Anda harus teratur ke salon. Kembalilah ke salon empat atau enam minggu sekali, untuk sekadar trim dan merapikan potongan, agar model rambut tetap terjaga. (pet)

TERKAIT
TERPOPULER